Pengecekan Kendaraan Diperketat untuk Cegah Pemudik

Kompas.com - 08/05/2020, 11:02 WIB
Polisi menghalau mobil bus yang membawa penumpang di jalan tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. Polda Metro Jaya melarang kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang keluar dari wilayah Jabodetabek. Pemeriksaan dan penyekatan kendaraan tersebut akan dilakukan di 18 titik pos pengamanan terpadu dan pos-pos check point di jalur tikus dan perbatasan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPolisi menghalau mobil bus yang membawa penumpang di jalan tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. Polda Metro Jaya melarang kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang keluar dari wilayah Jabodetabek. Pemeriksaan dan penyekatan kendaraan tersebut akan dilakukan di 18 titik pos pengamanan terpadu dan pos-pos check point di jalur tikus dan perbatasan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah adanya kendaraan pemudik yang lolos dari pemeriksaan petugas, penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan semakin diperketat.

Tidak hanya itu, pengamanan secara berlapis hingga di jalur alternatif atau jalur tikus pun dilakukan agar tidak ada kendaraan pemudik yang bisa sampai ke kampung halaman.

Selain itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang diizinkan melintas seperti kendaraan barang, bus yang terlihat tidak berpenumpang.

Baca juga: Akal-akalan Pemudik, dari Sembunyi di Truk hingga Pakai Mobil Towing

Mengingat, selama ini karakter pemudik yang nekat akan melakukan berbagai cara agar bisa lolos dari pemeriksaan petugas dan sampai ke rumah.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas sudah mempelajari semua modus-modus yang dilakukan oleh para pemudik.

Proses pemeriksaan kendaraan di salah satu check point Jalan Tol kelolaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Jasa Marga Proses pemeriksaan kendaraan di salah satu check point Jalan Tol kelolaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

“Banyak modus yang dilakukan oleh pemudik dan kami sudah mempelajari semuanya,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Sambodo menambahkan, peningkatan pengawasan kendaraan tidak hanya dilakukan di jalan arteri atau gerbang tol saja.

Tetapi juga di jalur-jalur alternatif yang selama ini menjadi jalan favorit para pemudik agar bisa menghindari pemeriksaan oleh petugas jaga.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mendahului Kendaraan Lain

Mengingat, selama ini masih ada saja pemudik yang berhasil lolos dari penjagaan petugas dengan melewati jalur tikus tersebut.

“Sekarang ini untuk jalur-jalur tikus juga semakin diperketat,” tuturnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X