Ini Bahayanya Jika Pemudik Nekat Sembunyi di Dalam Mobil Box

Kompas.com - 08/05/2020, 10:42 WIB
mobil ekspedisi yang digunakan untuk mengirim 374 Kilogram Ganja, Senin (30/12/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONmobil ekspedisi yang digunakan untuk mengirim 374 Kilogram Ganja, Senin (30/12/2019)
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan oleh para pemudik agar bisa pulang ke kampung halamannya, di momen Lebaran tahun ini.

Mulai menggunakan travel gelap atau ilegal, sampai dengan cara yang bisa dibilang cukup nekat, yakni menggunakan kendaraan ekspedisi seperti mobil box.

Para pemudik masuk ke dalam box yang biasanya digunakan untuk membawa barang yang akan diantarkan ke penerimanya.

Baca juga: Akal-akalan Pemudik, dari Sembunyi di Truk hingga Pakai Mobil Towing

Padahal, box mobil tersebut sangat minim ventilasi sehingga bisa membahayakan jika digunakan untuk mengangkut penumpang terlebih menempuh perjalanan cukup jauh.

Salah satu dokter di Solo, dr Arina Hidayati mengatakan, bahwa naik mobil yang minim pasokan udara seperti mobil box bisa membahayakan nyawa seseorang.

Petugas memerintahkan sebuah truk towing pengangkut sebuah mobil yang diduga mengangkut pemudik untuk putar balik di pos check Point sekitar Taman Unyil Semarang, Sabtu. (ANTARA/ HO-Dishub Kota Semarang)antara Petugas memerintahkan sebuah truk towing pengangkut sebuah mobil yang diduga mengangkut pemudik untuk putar balik di pos check Point sekitar Taman Unyil Semarang, Sabtu. (ANTARA/ HO-Dishub Kota Semarang)

“Kalau duduknya di dalam boxnya ya bahaya, kalau dekat mungkin tidak apa-apa. Tapi jarak jauh bisa bisa kekurangan oksigen dan dehidrasi,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Bahkan, Arina mengatakan, kemungkinan yang paling parah saat melakukan perjalanan jauh dengan berada di dalam box mobil adalah kematian.

Terlebih dengan kondisi cuaca yang belakangan ini memiliki kelembaban yang cukup tinggi sehingga akan mempercepat terjadinya dehidrasi.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mendahului Kendaraan Lain

“Apalagi di perjalanan kan pasti panas dan akhir akhir ini kelembaban juga cukup tinggi, jadi sangat mudah utk muncul dehidrasi,” ujarnya.

Meski daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, tetapi menurutnya berada di dalam box mobil dalam waktu yang lama dan menempuh perjalanan jauh sangat berbahaya dan sangat berisiko.

Anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memergoki sebuah truk menyelundupkan pemudik yang hendak keluar Jabodetabek di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2020 di GT Cikarang Barat, Jumat (1/5/2020).ANTARA/Polda Metro Jaya Anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memergoki sebuah truk menyelundupkan pemudik yang hendak keluar Jabodetabek di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2020 di GT Cikarang Barat, Jumat (1/5/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X