Sudah Tahu Apa Fungsi Spoiler Mobil, Selain demi Penampilan?

Kompas.com - 01/05/2020, 14:42 WIB
spoiler mobil Kompas.com/Fathan Radityasanispoiler mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain meningkatkan penampilan, spoiler mobil punya fungsi lain yang tidak kalah penting. Adalah, memengaruhi aerodinamika agar mobil lebih stabil di kecepatan tinggi.

Spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Pada sedan, biasanya terletak di atas bagasi. Sedangkan untuk model hatchback yang tidak punya bagasi diletakkan di atap belakang.

Baca juga: Viral Foto Toyota Agya Modifikasi Berubah Jadi Morris Mini

Kiki Anugraha, founder Karma Body Kit, mengatakan spoiler berfungsi menambah downforce atau gaya tekan ke bawah sehingga membuat mobil lebih stabil karena mobil lebih lengket ke aspal.

Spoiler mobil Foto: Nissan.co.id Spoiler mobil

"Spoiler juga untuk meningkatkan performa, karena lebih aerodinamis. Saat melaju pada kecepatan tinggi, lekukan-lekukan yang ada pada spoiler juga bisa memberikan kestabilan pada mobil," kata Kiki, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gaya angkat pada mobil merupakan hal yang berbahaya. Dalam kecepatan tinggi mobil bisa melayang, limbung dan tidak stabil sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol.

Baca juga: Dampak Buruk Sembarang Modifikasi Grill Mobil

Selain bawaan pabrik, saat ini banyak spoiler aftermarket yang dijual di pasar dan jadi komponen penting modifikasi. Namun menurut Nissan, spoiler tak boleh asal pasang karena justru bisa merugikan.

"Kesalahan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. Jadi, pastikan umemasang spoiler di tempat yang terpercaya," tulis Nissan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.