Isi Bensin, Sebaiknya Keluar atau Tetap di Dalam Mobil?

Kompas.com - 01/05/2020, 07:02 WIB
Antrean mobil di SPBU Pertamina 34.102.06 di Jalan Hang Lekir II pada Selasa (2/10/2018). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARAntrean mobil di SPBU Pertamina 34.102.06 di Jalan Hang Lekir II pada Selasa (2/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi aksi pencurian yang terjadi di SPBU Cinere, Depok, Jawa Barat. Terlihat dari kamera CCTV, di saat pemilik sedang menghampiri operator BBM, pencuri berhasil mengambil barang lantaran pintu mobil tidak dikunci.

Berkaca dari situasi ini, bagaimana sebaiknya saat mobil sedang isi bensin. Apakah kita harus keluar atau tetap berada di dalam mobil?

Dari kaca mata keselamatan berkendara, keluar mobil saat melakukan pengisian BBM ternyata dinilai lebih aman, ketimbang tetap berada di dalam.

Baca juga: Viral Foto Toyota Agya Modifikasi Berubah Jadi Morris Mini

“Saat mengisi BBM lebih baik memang berada di luar kendaraan, karena bisa ada listrik statis yang bisa menyebabkan kebakaran,” ucap Marcell Kurniawan, Training Director The Read Driving Center (RDC), kepada Kompas.com (30/4/2020).

Marcell mengatakan, listrik statis timbul karena gesekan antar dua benda. Salah satu potensi kebakaran muncul dari gesekan nosel BBM dengan saluran tangki bahan bakar.

Meski kemungkinannya kecil, gesekan tersebut dapat menimbulkan listrik statis dan memicu munculnya api.

Baca juga: Komentar Pencinta Morris Lihat Agya Diubah Jadi Mini

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Selalu waspada yaa warga seputar cinere #cinere #seputarcinere

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Cinere (@seputarcinere) pada 30 Apr 2020 jam 12:25 PDT

“Api memang bisa timbul dari gesekan seperti itu, apalagi posisinya di saluran tangki BBM. Makanya kalau di pabrik atau warehouse karyawannya wajib pakai sepatu safety yang anti listrik statis, karena lebih aman,” kata Marcell.

Namun jika khawatir meninggalkan barang di dalam mobil, Anda tetap diperbolehkan tetap di dalam. Asalkan mesin dalam kondisi mati, dan tetap pastikan pintu dalam keadaan terkunci.

“Pom bensin sekarang punya skema pelayanan berbeda-beda. Dari dalam saja tentu boleh, tetap perhatikan kondisi di sekitar, kuncinya jangan lengah,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), dalam kesempatan yang sama.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X