Motor Balap Honda Mendominasi Juara Dunia di Tiap Generasi

Kompas.com - 01/05/2020, 07:42 WIB
Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara dunia HondaEvolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari 1995 hingga sekarang, Honda terus bekerja sama dengan Repsol. Produsen pelumas tersebut telah menemani motor balap Honda dari berbagai era dan generasi selama 26 tahun.

Dimulai dari NSR 500, RC211V, RC212V, hingga sekarang RC213V, Honda selalu berhasil meraih gelar juara dunia dengan masing-masing edisi motor tersebut. Evolusi motor balap Honda sudah mencatatkan sejarah dan mencetak berbagai rekor.

Baca juga: Kamus MotoGP dan Istilah yang Sering Digunakan di Dunia Balap

Honda NSR500 - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara duniaasphaltandrubber.com Honda NSR500 - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara dunia

Kolaborasi antara Honda dengan Repsol dimulai saat era 2-tak, yakni NSR500. Motor ini mampu meraih 5 kali gelar juara dunia berturut-turut sejak 1994 hingga 1998, dengan pebalapnya Mick Doohan.

Saat itu, Doohan ditemani Alex Criville sebagai rekan setimnya. Gelar juara dunia terakhir di era ini diraih Valentino Rossi tahun 2001.

Honda RC211V - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara duniaasphaltandrubber.com Honda RC211V - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara dunia

Baca juga: Memori Rossi Menyalip 21 Pebalap di MotoGP Valencia 2015

Setelah itu, masuk era 4-tak dengan kapasitas mesin 990 cc. RC211V memulai debutnya di MotoGP tahun 2002. Kembali Rossi yang berhasil jadi juara dunia.

Bahkan di tahun berikutnya juga masih Rossi yang menjuarainya sebelum dia pindah ke Yamaha. RCV generasi pertama masih berhasil meraih gekar juara dunia berkat Nicky Hayden tahun 2006.

Honda RC212V - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara duniaasphaltandrubber.com Honda RC212V - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara dunia

Selanjutnya, terjadi perubahan regulasi yang membuat kapasitas mesin menjadi 800 cc. Perubahan ini ditandai dengan lahirnya generasi baru, yakni RC212V.

Motor ini juga masih sempat meraih gelar juara dunia berkat Casey Stoner tahun 2011.

Baca juga: Ingat Momen Marc Marquez Start Paling Belakang Kemudian Juara

Honda RC213V - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara duniaasphaltandrubber.com Honda RC213V - Evolusi motor balap tim Repsol Honda yang selalu raih gelar juara dunia
Mulai 2012 hingga sekarang, regulasi berubah lagi dan membuat kapasitas mesin menjadi 1.000 cc. Di sinilah RC213V memulai perjalanannya.

Sejauh ini, RC213V sudah berhasil meraih 6 gelar juara dunia MotoGP berkat Marc Marquez. Bahkan, empat kali di antaranya diraih secara berturut-turut, sejak 2016 hingga 2019.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber gpone
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X