Bisa Lakukan Ini jika Motor Jarang Digunakan Selama PSBB

Kompas.com - 01/05/2020, 13:02 WIB
modifikasi ban motor Kompas.com/Fathan Radityasanimodifikasi ban motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam masa pandemi seperti ini, masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah aja oleh pemerintah. Kondisi ini berimbas pada sepeda motor yang jadi jarang digunakan oleh pemiliknya.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika ingin mendiamkan motor tidak dikendarai dalam waktu lama.

Kepala mekanik AHASS DAM, Wahyudin, mengatakan, motor yang jarang dipakai akan membuat aki cepat soak. Sebab, baterai akan tetap menyuplai arus ke beberapa komponen walau jumlahnya kecil.

Baca juga: Mobil Lama Nganggur Selama PSBB, Perlukah Cabut Aki?

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

“Kalau ingin lama tidak dipakai, dan bisa bongkar motor sendiri, baiknya terminal aki dilepas. Tapi kalau sudah tanggung tidak dilepas, maka sebelum dipakai lagi, akinya cas dulu di luar, supaya voltasenya penuh dulu,” kata Wahyu kepada Kompas.com.

Baca juga: Mobil Overheat Jangan Dipaksa Jalan, Bisa Turun Mesin

Selain aki, jika memang ingin mendiamkan motor dalam waktu lama maka menguras bensin di dalam tangki juga bisa jadi pilihan. Sebab, bensin yang terlalu lama di tangki akan mengendap dan membuat fuel pump tidak bekerja.

“Parahnya unit injeksi fuel pump bisa macet kalau berbulan bulan tidak digunakan,” kata Wahyu.

Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, Asep Suherman, mengatakan, bensin yang terlalu lama mengendap di dalam tangki akan kurang baik untuk pembakaran.

“Kadar oktan bisa menurun jika BBM terlalu lama mengendap di dalam tangki,” kata Herman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.