Tips buat Mobil Warna Putih Tidak Cepat Menguning

Kompas.com - 30/04/2020, 18:56 WIB
Ilustrasi sewa Toyota Avanza jejakpiknik.comIlustrasi sewa Toyota Avanza
|

JAKARTA, KOMPAS.comCat mobil berwarna putih jadi salah satu kelir yang butuh perhatian khusus. Pasalnya jika tidak dirawat, warna cat putih dapat berubah warna menjadi kekuning-kuningan atau dalam istilah lain yellowing.

Kalau sudah begini, perlu dilakukan koreksi warna agar cat mobil kembali putih seperti sedia kala. Cara paling lazim dilakukan dengan pemolesan dengan kompon, yang butuh biaya dan waktu tersendiri.

Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa di Bintaro, Tangerang Selatan, mengatakan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari yellowing.

Baca juga: Viral Foto Toyota Agya Modifikasi Berubah Jadi Morris Mini

Ilustrasi parkir mobilresi.blog.realestate.com.au Ilustrasi parkir mobil

“Mobil warna putih kalau dibiarkan parkir di luar, sering kena matahari, pasti terjadi yellowing pada cat,” ucap Yoga, kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia mengatakan, mobil yang sering terekspos panas matahari akan lebih cepat menguning. Pasalnya sinar ultraviolet yang dihasilkan dapat mempercepat lapisan clear coat mobil menipis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pada cat mobil bawaan terdapat clear coat, kalau lapisan ini menipis, proses oksidasi yang terjadi di permukaan cat dapat merusak pigmen cat mobil sehingga jadi kusam,” kata Yoga.

Baca juga: Komentar Pencinta Morris Lihat Agya Diubah Jadi Mini

Kondisi parkir mobil outdoorshutterstock Kondisi parkir mobil outdoor

Selain sinar ultraviolet, sisa air yang menempel dan dibiarkan di permukaan bodi juga dapat merusak lapisan cat.

“Air dapat menyebabkan waterspot, ini menjadi sumber jamur yang bisa tumbuh dan menyerap ke lapisan cat,” ujar Yoga.

Cat warna putih juga sebaiknya minimal selalu dibersihkan agar tidak ada kotoran yang membekas hingga menimbulkan flek,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.