Manfaatkan PSBB, Sambil Belajar Kode Khusus pada Aki

Kompas.com - 22/04/2020, 10:22 WIB
Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik kompas.comAki motor butuh perawatan agar performa tetap baik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti sekarang ini, banyak waktu di rumah yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memahami arti dari kode khusus yang tertera di aki kendaraan bermotor.

Aki merupakan salah satu komponen dalam sistem kelistrikan. Maka itu, fungsinya cukup vital pada sepeda motor. Sebab, hampir semua motor sekarang ini sudah dibekali sistem injeksi yang sangat mengandalkan aki.

Baca juga: Aki Mobil Tekor saat Masa PSBB, Ini Cara Tepat Gunakan Kabel Jumper

Salah satu fungsi aki, yaitu menjadi sumber daya untuk menggerakkan starter, serta menyimpan dan menyuplai listrik untuk komponen lain. Perlu diketahui bahwa aki juga memiliki spesifikasi khusus.

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

Tak jauh berbeda dengan pelumas yang spesifikasinya ditunjukkan dengan kode tertentu, seperti SAE 10W-40. Begitu pula dengan aki, yang menggunakan kode, semisal 12 V-9 Ah/10 hr dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip buku "Sepeda Motor Listrik" yang disusun oleh Drs. Buntarto, M.Pd keluaran 2016, ada cara membaca spesifikasi pada aki. Selama ini yang sering tertulis memiliki nilai voltase (V), amperhour (Ah) dan hour (Hr).

Contohnya, pada aki tertulis 12 V-12 Ah/20 hr. Maka aki tersebut memiliki spesifikasi, dipakai habis dalam kurun 20 jam kapasitasnya adalah 12 Ah. Namun, jika dipakai habis kurang dari 20 jam maka nilainya kurang dari 12 Ah.

Baca juga: Selain Aki Soak, Ini Penyebab Mobil Susah Distarter

"Dengan kata lain 12V-12 Ah/20 hr artinya aki tersebut awet dipakai jika kapasitas dihabiskan minimal dalam waktu 20 jam atau lebih. Jadi pilihlah aki yang memiliki nilai hr sekecil mungkin," tulis buku tersebut, dikutip Kompas.com.

Voltase (V)
Voltase adalah perbedaan potensial listrik antara dua kutub dalam rangkaian listrik. Sederhananya, volt merupakan satuan untuk tegangan listrik. Dalam teknik kendaraan, voltase sangat erat kaitannya dengan jumlah baterai/aki.

Amperhour (Ah)
Ah adalah satuan kapasitas aki atau amper yang mampu dialirkan dalam waktu 1 jam. Ah diibaratkan sebagai tangki penampungan. Namun, bukan berarti sebuah aki berkapasitas 10 Ah hanya mampu mengeluarkan daya maksimum 10 Ah.

Setiap jenis aki memiliki kemampuan mengeluarkan A (amper) yang bisa melebihi Ah miliknya. Misalkan, aki mobil 45 Ah mampu mengeluarkan arus mencapai 210 amper ketika starter mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.