Selain Aki Soak, Ini Penyebab Mobil Susah Distarter

Kompas.com - 10/04/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci. KompasOtomotif-Donny AprilianandaIlustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang tiba-tiba susah distarter, biasanya disebabkan karena kondisi aki atau akumulator yang sudah tidak bagus atau soak.

Biasanya usia komponen penyimpan energi listrik sudah terlalu tua atau sudah dipakai lama, sehingga kondisinya juga tidak lagi prima.

Selain itu, bisa juga mobil jarang dipanaskan sehingga membuat listrik yang ada aki tidak mampu untuk menghidupkan mesin.

Tetapi, bukan berarti setiap kali kendaraan roda empat yang susah distarter disebabkan karena akinya yang harus diganti.

Baca juga: Mobil Tidak Dipakai Lama, Lebih Baik Aki Dicabut atau Tidak?

Ternyata banyak penyebab lainnya yang juga bisa membuat mobil kesayangan menjadi ngadat saat akan dihidupkan mesinnya.

Dealer Technical Support, Dept. Head PT. Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada sejumlah penyebab yang bisa membuat mobil sulit distarter.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

“Penyebabnya ada macam-macam, mulai dari pengapian sampai bahan bakarnya,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Untuk masalah pengapian, Didi menambahkan, bisa saja disebabkan busi yang sudah tidak bagus lagi dan sudah waktunya diganti.

“Koilnya juga bisa atau bahkan ECU-nya juga bisa menjadi penyebabnya. Dan untuk menemukan penyebabnya harus dilakukan pengecekan,” ujarnya.

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda Aki Mobil Sudah Mulai Soak

Pada kesempatan lain Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriadi juga mengatakan, busi yang kotor juga bisa menyebabkan mobil susah dinyalakan. 

Busi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan).Ghulam/Otomania Busi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan).

Bambang menambahkan, selain busi permasalahan lain yang membuat mesin mobil sulit dihidupkan bisa juga dari dinamo starter atau dinamo ampere.

Dinamo ampere yang rusak akan berakibat pada aliran listrik, efeknya baterai tidak akan bisa terisi arus meskipun aki dalam kondisi baik,” ucap Bambang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ukuran Aki Mobil Besar Arus Listrik Jadi Lebih Stabil?

Tetapi, Bambang mengatakan, umumnya kerusakan tersebut menimpa mobil-mobil yang usia pemakaiannya sudah lebih dari delapan tahun.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X