Harga Minyak Dunia Minus, Ini Daftar Harga BBM Pertamina, Shell dan Total

Kompas.com - 21/04/2020, 11:58 WIB
Ilustrasi produksi minyak ThinkstockphotosIlustrasi produksi minyak
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Harga minyak dunia anjlok di tengah pandemi corona yang terjadi sekarang ini.

Sebagaimana disitat dari CNN, Selasa (21/4/2020), bahkan harga minyak di Amerika Serikat (AS) mencapai titik terendahnya menjadi -37,36 dollar AS per barelnya.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan, harga minyak yang anjlok hingga ke level minus disebabkan karena penjual tidak mendapatkan keuntungan dari minyak yang dijualnya.

Sebaliknya, pedagang justru malah harus membayar minyak yang dijualnya.

Baca juga: Mobil Pakai Kaca Film Gelap Tak Sepenuhnya Aman, Ini Penjelasannya

"Harga minyak minus itu terjadi karena harga kontrak di mana penjualan atau pengiriman sudah ditentukan di tanggal tertentu," kata Komaidi.

Sementara itu, untuk harga BBM di Indonesia sendiri masih tetap sama dan belum ada penurunan mengikuti kondisi yang ada.

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

Penetapan harga BBM di Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM 62K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Berikut harga BBM yang dijual di SPBU Pertamina maupun swasta selama bulan April 2020 di Jabodetabek.

Harga BBM Pertamina

Pertalite Rp 7.650

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X