Beragam Layanan Bengkel Mobil Selama Pandemi Corona

Kompas.com - 20/04/2020, 18:22 WIB
Ilustrasi servis mobil di Bengkel Carfix IstimewaIlustrasi servis mobil di Bengkel Carfix
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi corona atau Covid-19, bengkel mobil mengalami penurunan jumlah konsumen sampai berkurangnya omzet. Agar tidak terlalu anjlok, sejumlah bengkel putar otak untuk mengatasinya.

Seperti bengkel CARfix yang tetap buka melayani pelanggan, namun dengan penambahan ketentuan seperti yang disyaratkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Saat ini CARfix masih buka, tentu dengan penambahan SOP (Standar Operasional Prosedur),” ujar Sigit Wahyu Anggoro, Group Head Marketing CARfix Indonesia, kepada Kompas.com (20/4/2020).

Baca juga: Jurus Sederhana Bikin Maling Malas Mencuri Mobil

CARfix di CirebonIstimewa CARfix di Cirebon

“Seperti penyemprotan disinfektan mobil, sebelum dan sesudah servis, cek suhu pelanggan, dan penyemprotan disinfektan di area yang sering kontak dengan pelanggan, serta semua tim wajib pakai masker,” kata Sigit.

Sigit juga menambahkan, jumlah konsumen yang melakukan servis di bengkel telah mengalami penurunan sejak April 2020. Untuk menyiasati hal tersebut, layanan servis ke tempat konsumen turut disediakan.

“Kami juga menyediakan mobile service, saat ini cukup banyak peminatnya. Tapi kalau dibandingkan dengan servis di bengkel, jumlahnya masih sekitar 10 persen,” ucap Sigit.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kunci Setang Skutik ke Kanan Persulit Aksi Maling?

Jasmin Motor, bengkel spesialis mobil Nissan dan Datsun di MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat.Aditya Maulana, KompasOtomotif Jasmin Motor, bengkel spesialis mobil Nissan dan Datsun di MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Ketentuan layanan ini jarak maksimal 25 km dari bengkel terdekat. Selain itu, kalau servis dengan biaya di atas Rp 600.000, gratis biaya mobile service. Kalau kurang dari itu, ada charge berdasarkan jarak mobile service ke bengkel,” katanya.

Selain layanan servis di rumah, ada juga pemilik mobil yang melakukan perawatan dengan cara menitipkan kendaraan di bengkel.

“Biasanya ada beberapa pemilik yang mobilnya ditinggal, besok diambil kalau sudah selesai, termasuk nanti disemprotkan disinfektan,” ucap Rasim Rusdianto, pemilk bengkel Mentari Motor di Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi SUV Baru Toyota Berbasis Yaris

Bengkel Spesialis BMW di MGK KemayoranAditya Maulana - Otomania Bengkel Spesialis BMW di MGK Kemayoran

Untuk menambah pemasukan, Rasim juga berjualan onderdil mobil secara online. Terlebih bengkelnya merupakan salah satu rujukan beberapa komunitas Chevrolet di Jakarta.

“Banyak sih yang cari ke sini, tapi kan sekarang orang agak males karena pandemi, jadi kami kirim lewat paket,” ujar Rasim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.