Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beragam Layanan Bengkel Mobil Selama Pandemi Corona

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi corona atau Covid-19, bengkel mobil mengalami penurunan jumlah konsumen sampai berkurangnya omzet. Agar tidak terlalu anjlok, sejumlah bengkel putar otak untuk mengatasinya.

Seperti bengkel CARfix yang tetap buka melayani pelanggan, namun dengan penambahan ketentuan seperti yang disyaratkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Saat ini CARfix masih buka, tentu dengan penambahan SOP (Standar Operasional Prosedur),” ujar Sigit Wahyu Anggoro, Group Head Marketing CARfix Indonesia, kepada Kompas.com (20/4/2020).

“Seperti penyemprotan disinfektan mobil, sebelum dan sesudah servis, cek suhu pelanggan, dan penyemprotan disinfektan di area yang sering kontak dengan pelanggan, serta semua tim wajib pakai masker,” kata Sigit.

Sigit juga menambahkan, jumlah konsumen yang melakukan servis di bengkel telah mengalami penurunan sejak April 2020. Untuk menyiasati hal tersebut, layanan servis ke tempat konsumen turut disediakan.

“Kami juga menyediakan mobile service, saat ini cukup banyak peminatnya. Tapi kalau dibandingkan dengan servis di bengkel, jumlahnya masih sekitar 10 persen,” ucap Sigit.

“Ketentuan layanan ini jarak maksimal 25 km dari bengkel terdekat. Selain itu, kalau servis dengan biaya di atas Rp 600.000, gratis biaya mobile service. Kalau kurang dari itu, ada charge berdasarkan jarak mobile service ke bengkel,” katanya.

Selain layanan servis di rumah, ada juga pemilik mobil yang melakukan perawatan dengan cara menitipkan kendaraan di bengkel.

“Biasanya ada beberapa pemilik yang mobilnya ditinggal, besok diambil kalau sudah selesai, termasuk nanti disemprotkan disinfektan,” ucap Rasim Rusdianto, pemilk bengkel Mentari Motor di Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk menambah pemasukan, Rasim juga berjualan onderdil mobil secara online. Terlebih bengkelnya merupakan salah satu rujukan beberapa komunitas Chevrolet di Jakarta.

“Banyak sih yang cari ke sini, tapi kan sekarang orang agak males karena pandemi, jadi kami kirim lewat paket,” ujar Rasim.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/20/182200415/beragam-layanan-bengkel-mobil-selama-pandemi-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke