Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB, Pabrik dan Diler Isuzu Resmi Berhenti Sementara

Kompas.com - 19/04/2020, 11:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyatakan bahwa telah menghentikan aktivitas industri dan bisnis di dalam negeri secara sementara, menyusul aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal ini dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam mencegah persebaran virus corona alias Covid-19 semakin luas melalui social distancing.

"Kami mengikuti aturan pemerintah dengan menutup aktivitas operasional di wilayah PSBB. Cabang Astra Isuzu di luar wilayah PSBB tetap beroperasi seperti biasa dengan mekanisme split team," kata Bambang Satrio Wicaksono, Marketing Division Head IAMI saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Baca juga: Saat PSBB Diterapkan, Masih Banyak Pengguna Kendaraan yang Tak Pakai Masker

Pekerja merakit komponen mobil di pabrik baru Isuzu, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Pabrik Isuzu Karawang Plant berlokasi di kawasan Suryacipta City of Industry ini memiliki kapasitas produksi 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun.TRIBUNNEWS / HERUDIN Pekerja merakit komponen mobil di pabrik baru Isuzu, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Pabrik Isuzu Karawang Plant berlokasi di kawasan Suryacipta City of Industry ini memiliki kapasitas produksi 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun.

Adapun kegiatan produksi kendaraan bermotor yang dilakukan di pabrik Karawang, Jawa Barat, dihentikan sementara hingga 24 April 2020 atau masa PSBB selesai.

"Aktivitas pabrik, saat ini sedang off production karena memang demand turun. Kami baru akan produksi 24 April," ujar Puti Annisa, Marcomm Dept Head IAMI.

"Karyawan hanya sebagian yang masuk untuk reguler maintenance dan mengerjakan beberapa project dengan minimal manpower, serta sebagian besar work from home (WFH)," lanjut dia.

Pabrik perakitan baru Isuzu di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Pabrik Isuzu Karawang Plant berlokasi di kawasan Suryacipta City of Industry ini memiliki kapasitas produksi 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun.TRIBUNNEWS / HERUDIN Pabrik perakitan baru Isuzu di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Pabrik Isuzu Karawang Plant berlokasi di kawasan Suryacipta City of Industry ini memiliki kapasitas produksi 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun.

Meski demikian, layanan pembelian dan servis ringan masih beroperasi tapi dengan penyesuaian dan pembatasan gerak. Calon konsumen maupun pemilik mobil Isuzu bisa melakukannya melalui online.

"Astra Isuzu melayani pembelian kendaraan melalui online, di www.astraisuzu.co.id dan akan ada Astra Isuzu Assistance yang siap membantu pelanggan," kata Bambang.

Baca juga: PSBB Diperluas, Daihatsu Tutup 68 Diler dan Perpanjang Stop Pabrik

Pekerja merakit komponen mobil di pabrik baru Isuzu, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Pabrik Isuzu Karawang Plant berlokasi di kawasan Suryacipta City of Industry ini memiliki kapasitas produksi 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun.TRRIBUNNEWS / HERUDIN Pekerja merakit komponen mobil di pabrik baru Isuzu, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015). Pabrik Isuzu Karawang Plant berlokasi di kawasan Suryacipta City of Industry ini memiliki kapasitas produksi 52 ribu unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80 ribu unit per tahun.

Sementara bagi pemilik mobil yang kendaraannya mendekati masa garansi dan memerlukan perawatan berkala, bakal diberikan dispensasi sesuai masa penerapan PSBB di wilayah masing-masing.

Caranya, cukup menghubungi Call Center 1-500-898, tekan-3, dan buat janji perawatan berkala sesuai ketentuan jadwal.

"Kami prioritaskan untuk melakukan kunjungan perbaikan atau perawatan kendaraan bila masa PSBB sudah berakhir. Selama (PSBB) masih berlaku, kami berikan dispensasi menyesuaikan waktu (PSBB) di masing-masing daerah," kata After Sales Division Head IAMI, Heri Wasesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com