Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Suzuki Jimny Diproduksi India, Loyalis Harap Pangkas Inden

Kompas.com - 17/04/2020, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Maruti Suzuki di India telah mengumumkan jadi basis produksi Jimny selain Jepang. Kabarnya, bakal ada Jimny model 3 pintu dan 5 pintu yang akan diproduksi di sana.

Seperti yang dilaporkan Autocar India, Jimny 5 pintu bakal mengusung mesin K15B yang sama dengan Ertiga, XL7, maupun Carry. Namun dari segi dimensi akan lebih panjang dari model Jimny standar.

Maruti Suzuki rencananya akan memproduksi Jimny 3 pintu di pabrik Hansalpur, Gujarat, India, sekitar Juni 2020. Sementara Jimny 5 pintu yang masih dalam tahap pengembangan, akan dimulai sekitar akhir 2020.

Baca juga: Selama PSBB, Ojol di Kota Ini Tak Boleh Angkut Penumpang

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

Produksi Jimny di India tentu akan menambah kapasitas produksi secara keseluruhan. Seperti diketahui, sampai sekarang Jimny hanya diproduksi di Jepang untuk memenuhi kebutuhan dunia.

Julian Johan alias Jeje, Founder komunitas JB74.ID yang menaungi pecinta Jimny generasi keempat di Indonesia, mengatakan, kabar tersebut tentu jadi angin segar bagi konsumen Jimny.

Pasalnya, sampai hari ini inden Jimny masih mengular hingga tahunan. Dengan dibuatnya basis produksi baru, artinya bakal menambah suplai Jimny di dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: PSBB Bogor, Akses ke Puncak Ternyata Tidak Ditutup tapi Dijaga Ketat

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

“Mendengar kabar tersebut kami senang, karena suplai bisa lebih banyak. Artinya inden bisa lebih cepat,” kata Jeje, kepada Kompas.com (16/4/2020).

Apalagi menurut Jeje, penyuka Jimny tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hal ini terlihat dari anggota member JB74.ID yang berasal dari berbagai kawasan di Tanah Air.

“Populasi secara menyeluruh kami belum ada datanya, tapi yang sudah terdaftar di komunitas sudah ada ratusan unit,” ucap Jeje.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com