Lawan Pandemi Covid-19, Usaha Binaan AHM Beralih Produksi Masker

Kompas.com - 13/04/2020, 14:22 WIB
Petugas gabungan dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan Dishub DKI Jakarta melakukan imbauan kepada pengendara motor untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Imbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas gabungan dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan Dishub DKI Jakarta melakukan imbauan kepada pengendara motor untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Imbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara.
|


KARAWANG, KOMPAS.com - Meningkatnya kebutuhan masker di tengah pandemi Covid-19 mendorong mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu Kalihurip Satu Hati (KSH) beralih memproduksi masker kain.

Ketua KSH Lilis Solihat, mengatakan, KSH awalnya membuat kain lap serba guna untuk dikirim ke pabrik-pabrik sekitar kawasan industri, namun kini ikut membuat masker kain melihat permintaan yang tinggi.

"Melihat adanya kebutuhan warga dan harga masker kain yang cukup tinggi di pasaran, kami berinisiatif membantu penyediaan masker kain, terutama untuk warga desa Kalihurip. AHM menyambut baik dan kami pun bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat di sekitar kami,” kata Lilis dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2020).

Baca juga: Importir Umum Berani Jual Honda Zoomer-X, AHM Belum Tertarik

Lilis mengatakan KSH beranggotakan delapan perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang. KSH yang sebelumnya memproduksi kain lap serba guna memiliki kapasitas produksi hingga 2 ton per bulan.

Usaha binaan AHM produksi masker kain Foto: Istimewa Usaha binaan AHM produksi masker kain

Pada tahap awal, KSH bekerja sama dengan perangkat desa dan memproduksi 4.000 masker kain untuk digunakan warga desa. Jumlah ini diharapkan dapat terus bertambah seiring dengan kebutuhan masyarakat.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, pembukaan usaha KSH diawali dengan bantuan modal awal melalui hibah tujuh mesin jahit industri dan kelengkapannya pada akhir 2019.

Baca juga: Diler dan Bengkel Resmi Honda Motor Tutup selama PSBB Jakarta

AHM juga memberikan modal usaha berupa kain perca dan benang. Untuk mengembangkan usaha, diberikan pelatihan dasar menjahit, pelatihan organisasi hingga pengetahuan mengenai kewirausahaan.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif ini. Kami yakin, semangat kebersamaan menjaga kesehatan diri dan lingkungan ini akan mempercepat usainya wabah ini dan usaha KSH akan berkembang di kemudian hari,” ujar Muhib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.