Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Pandemi Covid-19, Usaha Binaan AHM Beralih Produksi Masker

Kompas.com - 13/04/2020, 14:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


KARAWANG, KOMPAS.com - Meningkatnya kebutuhan masker di tengah pandemi Covid-19 mendorong mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu Kalihurip Satu Hati (KSH) beralih memproduksi masker kain.

Ketua KSH Lilis Solihat, mengatakan, KSH awalnya membuat kain lap serba guna untuk dikirim ke pabrik-pabrik sekitar kawasan industri, namun kini ikut membuat masker kain melihat permintaan yang tinggi.

"Melihat adanya kebutuhan warga dan harga masker kain yang cukup tinggi di pasaran, kami berinisiatif membantu penyediaan masker kain, terutama untuk warga desa Kalihurip. AHM menyambut baik dan kami pun bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat di sekitar kami,” kata Lilis dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2020).

Baca juga: Importir Umum Berani Jual Honda Zoomer-X, AHM Belum Tertarik

Lilis mengatakan KSH beranggotakan delapan perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang. KSH yang sebelumnya memproduksi kain lap serba guna memiliki kapasitas produksi hingga 2 ton per bulan.

Usaha binaan AHM produksi masker kain Foto: Istimewa Usaha binaan AHM produksi masker kain

Pada tahap awal, KSH bekerja sama dengan perangkat desa dan memproduksi 4.000 masker kain untuk digunakan warga desa. Jumlah ini diharapkan dapat terus bertambah seiring dengan kebutuhan masyarakat.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, pembukaan usaha KSH diawali dengan bantuan modal awal melalui hibah tujuh mesin jahit industri dan kelengkapannya pada akhir 2019.

Baca juga: Diler dan Bengkel Resmi Honda Motor Tutup selama PSBB Jakarta

AHM juga memberikan modal usaha berupa kain perca dan benang. Untuk mengembangkan usaha, diberikan pelatihan dasar menjahit, pelatihan organisasi hingga pengetahuan mengenai kewirausahaan.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif ini. Kami yakin, semangat kebersamaan menjaga kesehatan diri dan lingkungan ini akan mempercepat usainya wabah ini dan usaha KSH akan berkembang di kemudian hari,” ujar Muhib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com