Ide Gila Nmax Disulap Jadi Jetski, Bisa Jalan di Atas Air

Kompas.com - 13/04/2020, 13:41 WIB
Modifikasi Nmax jadi jetski Foto: Tangkapan layar Nmax jadi jetskiModifikasi Nmax jadi jetski
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berinovasi membuat motor kawin silang antara Yamaha Nmax dan Honda Grand, Kepala Jenggot kembali menelurkan ide yang brilian, yaitu Nmax yang disulap jadi jetski.

Skutik bongsor termasuk Nmax memang sering disebut "jetski," tapi Nmax dari kanal Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot ini merupakan jetski secara harafiah yaitu bisa dipakai di air alias mengapung.

Mustofa Kepala Jenggot merupakan konten kreator asal Jawa Timur. Keunggulan sekaligus keunikakannya yaitu kerap memodifikasi tunggangannya dengan ciri khas yang berbeda dari umumnya.

Baca juga: Ojol Boleh Angkut Penumpang, Bisa Bikin Iri Pengguna Sepeda Motor Lain


Dalam video yang diunggah pada 8 April 2020, terlihat Nmax yang diubah ala jetski agar bisa berjalan di atas air. Tentu saja, banyak ubahan yang dilakukan agar konsep jetski ini terlaksana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paling utama ialah ubahan bagian mesin. Jantung utama Nmax berserta CVT digusur, gantinya dibenamkan mesin giling tepung. Lengkap dengan knalpot yang dibuat tinggi agar tidak kemasukan air.

Dudukan shockbreaker belakang menjadi tempat pegangan pipa paralon. Pipa yang dibuat bentuk ''U'' mengelilingi motor itu bertujuan sebagai ''pelampung'' agar motor bisa mengambang di atas air.

Baca juga: Keren, Polisi Ini Modifikasi Honda Beat Jadi Water Cannon Disinfektan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

JETSKY DARAT INGIN KEMBALI KEHABITATNYA

A post shared by KEPALA JENGGOT MOBIL (@kepala_jenggot) on Apr 7, 2020 at 7:54pm PDT

 

Dalam video berdurasi 13 menitan tersebut, skutik jetski itu berhasil melalui sejumlah pengujian. Mulai dari tes apung dan kemampuan berjalan di atas air, bahkan sempat dipakai berboncengan.

Meski dianggap berhasil, Mustofa mengatakan bahwa motornya masih akan terus disempurnakan. Salah satunya di bagian kemudi agar motor bisa lebih mudah dikendalikan dia atas air.

"Jadi eksperimen kali ini lumayan, tapi kurang laju, mesinnya powernya kurang gede dan kemudinya kurang sempurna. Kalau jetski itu powernya harus gede, jadi nanti kita ganti mesinnya. Tapi kekuatan pelampungnya oke," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.