Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Mentah Dunia Anjlok, Pertamina Siap Turunkan Harga BBM?

Kompas.com - 24/03/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul penyusutan harga minyak mentah dunia yang terus terjadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu meminta PT Pertamina (Persero) untuk menghitung ulang harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kita tahu harga minyak dunia sekarang ini turun hingga ke level kurang lebih 30 dolar AS per barel, karena itu saya minta dikalkulasi, saya minta dihitung dampak dari penurunan ini pada perekonomian kita," ujar Jokowo dalam video conference rapat terbatas dengan kabinetnya, beberapa hari lalu.

"Terutama BBM, baik BBM bersubsidi maupun BBM non-subsidi," kata dia.

Baca juga: Beli BBM Pertamina Tak Perlu Keluar Rumah, Ini Cara dan Daftar Kotanya

Menanggapi hal ini, Pertamina pun akhirnya angkat bicara. Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pada prinsipnya Pertamina selaku operator akan menyesuaikan harga setelah ada peraturan dari pemerintah.

Pertalite resmi uji pasar di wilayah Sulawesi Utara, Sabtu (26/3/2016).Ghulam/KompasOtomotif Pertalite resmi uji pasar di wilayah Sulawesi Utara, Sabtu (26/3/2016).

"Sampai saat ini harga BBM mengacu pada ketentuan dari Kementertian ESDM, dan pertamina selalu comply dengan hal tersebut. Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan," kata Fajriyah dalam keterangannya, Senin (23/3/2020).

Fajriyah mengatakan penyesuaian harga BBM pada dasarnya dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dolar, inflasi, dan lain sebagainya.

Perhitungan harga jual BBM non subsidi dan non penugasan sendiri, ditetapkan Pertamina secara periodik bulanan. Hal tersebut salah satunya juga dengan melihat perkembangan harga minyak dan BBM di pasaran.

Baca juga: Masih Juga Kebiasaan Menyalip Kendaraan dari Kiri?

"Pertamina mengacu pada kebijakan Kementerian ESDM dalam penyesuaian BBM non subsidi, untuk BBM subsidi atau penugasan adalah kewenangan pemerintah untuk penetapan harga jualnya," kata Fajriyah.

Mobil sedang mengisi bensin subsidi.Tribunnews/ Nurudin Mobil sedang mengisi bensin subsidi.

Menurut Fajriyah, Pertamina sudah memangkas harga BBM non subsidi pada Februari lalu. Hingga saat ini, harga BBM Pertamina juga masih lebih rendah dari banderol penjual BBM lainnya.

Berikut harga BBM Pertamina di Maret 2020 ;

- Pertamax Turbo ( RON 98) Rp.9.850 per liter
- Pertamax ( RON 92) Rp.9.000 per liter
- Pertalite (RON 90) Rp.7.650 per liter
- Pertamina Dex (CEN 53) Rp.10.200 per liter
- Dexlite ( CEN 51) Rp.9.500 per liter

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com