Selama PSBB Jakarta, Layanan Perpanjangan SIM Dihentikan Sementara

Kompas.com - 13/04/2020, 08:12 WIB
Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik, Jumat (16/11/2018). KOMPAS.com/HAMZAH Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik, Jumat (16/11/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya akan menghentikan pelayanan perpanjangan surat izin mengemudi ( SIM) selama penerapan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) di DKI Jakarta.

Penghentian pelayanan ini sudah dimulai sejak 17 Maret 2020 dan direncanakan akan berlangsung hingga 29 Mei 2020.

Sementara itu, bagi para pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada bulan akan mendapatkan dispensasi melakukan perpanjangan setelah pelayanan dibuka kembali.

Baca juga: PSBB Bogor, Mobil dan Bus Pariwisata Dilarang ke Puncak

Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Lalu Hedwin Hanggara mengatakan, selama masa darurat Covid-19 ini maka untuk pelayanan SIM, khususnya yang akan memperpanjang ditiadakan dulu.

pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).Ari Purnomo pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).

“Bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis mulai 17 Maret sampai dengan 29 Mei akan mendapatkan dispensasi berupa perpanjangan setelah 29 Mei," katanya kepada Kompas.com, Minggu (12/4/2020).

Selain itu, Hedwin menambahkan, untuk sejumlah pelayanan di beberapa unit juga sudah ditutup sementara.

Seperti di unit Satpas, unit gerai SIM, dan unit SIM keliling untuk sementara tidak bisa melakukan pelayanan.

Baca juga: Selama PSBB, Bagaimana Nasib Sopir Angkot di Bogor?

“Penutupan sudah dilakukan sejak tanggal 28 Maret sampai dengan 29 Mei, sehingga tidak lagi melayani perpanjangan maupun penerbitan SIM baru,” ucapnya.

Sedangkan, lanjutnya, untuk pelayanan pembuatan SIM baru, SIM rusak atau hilang masih bisa dilayani di jajaran Satpas Polda Metro Jaya.

Akan tetapi untuk waktu pelayanan akan dikurangi dan tidak berlangsung seperti biasanya.

“Untuk hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB,” ujarnya.

Baca juga: PSBB di Bogor, Ini Jadwal Operasional Angkutan Umum



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X