Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Trail Bekas Mana yang Paling Laris, KLX 150 atau CRF150?

Kompas.com - 02/04/2020, 08:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Selain sepeda motor sport yang digunakan di jalan aspal, motor bekas (Mokas) dengan kubikasi 150 cc, yang digunakan untuk off-road atau trail juga tidak kalah banyak peminatnya.

Bahkan, saat ini motor dengan julukan jakung ini paling banyak dibeli oleh pencinta kuda besi. Salah satu motor trail yang paling banyak dibeli, yaitu Kawasaki KLX 150.

Tri Sekam, pemilik showroom Motor bekas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) mengatakan, saat ini harga pasaran motor trail seperti KLX dan sejenisnya masih sangat tinggi.

Untuk yang masih standar keluaran beberapa tahun lalu atau yang baru-baru ini harganya berkisar Rp 25 juta.

Baca juga: Ada Virus Corona, Penjualan Motor Bekas Anjlok

“Kalau untuk harga KLX ini semakin tinggi speknya atau spesifikasinya harganya juga semakin tinggi. Kalau yang standar harganya masih Rp 25 jutaan,” kata Tri kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Test Ride Kawasaki KLX 230Foto: Bayu Nurpatria Test Ride Kawasaki KLX 230

Meski harganya tinggi, lanjut Tri, tetapi peminat motor dari pabrikan Kawasaki ini cukup banyak. Terbukti, model ini menjadi salah satu motor dengan kapasitas mesin 150 cc yang paling laris.

“KLX ini pasarannya masih sangat stabil dan tinggi, di showroom saya menjadi yang paling laris. Dalam sebulan bisa terjual sampai empat unit,” ucapnya.

Dibandingkan dengan pabrikan lainnya yang juga mengeluarkan motor trail, menurut Tri, motor jakung keluaran pabrikan Kawasaki itu masih lebih diminati.

Baca juga: Akibat Corona, Penjual Motor Bekas Terpaksa Turunkan Harga

“Kalau Honda CRF harganya juga masih tinggi sekitar Rp 28 juta, tetapi masih laris KLX. Mungkin karena lebih enteng dan pas kalau mau dipakai untuk trabas,” ujar Tri.

Tingginya peminat motor trail ini membuat harga jual motor berkubikasi 150 cc itu juga tetap stabil dan bertahan di angka Rp 25 juta lebih.

Kawasaki Motor Indonesia optimistis pasar motor dual purpose tetap berkembang.Foto: Bayu Nurpatria Kawasaki Motor Indonesia optimistis pasar motor dual purpose tetap berkembang.

Nugroho Dwi Pratiko pemilik showroom Mokas Nugroho Motor juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, harga trail dari Kawasaki keluaran 2013 masih mencapai Rp 18,5 juta.

Baca juga: Ada Corona, Skutik Masih yang Terlaris di Pasar Motor Bekas

“Karena banyak peminatnya, makanya KLX gampang lakunya dan harganya juga masih tinggi. Kalau CRF kurang, mungkin karena modelnya,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com