Ada Virus Corona, Penjualan Motor Bekas Anjlok

Kompas.com - 31/03/2020, 06:32 WIB
Diler motor bekas masih menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki motor baru. Donny Dwisatryo PriyantoroDiler motor bekas masih menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki motor baru.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Penjualan motor bekas ( Mokas) terkena dampak negatif, dari meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19 di wilayah Solo, Jawa Tengah.

Sejak virus yang pertama di temukan di Wuhan, China menyebar di Solo, jumlah penjualan Mokas langsung anjlok hingga lebih dari 50 persen.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh salah satu pemilik showroom Mokas, Nugroho Motor, Kartasura, Nugroho Dwi Prastiko kepada Kompas.com, Senin (30/3/2020).

Nugroho mengatakan, sebelum penyebaran virus semakin meluas dan belum adanya imbauan dari pemerintah agar tidak keluar rumah, penjualan Mokas masih bagus.

Baca juga: Mengenal Istilah Korok Radiator

“Sejak Februari sampai dengan awal Maret penjualan Mokas masih bagus, setiap hari bisa menjual rata-rata ada transaksi penjualan motor, tetapi kemudian menjadi sepi,” katanya.

Bahkan, lanjut Nugroho sejak enam hari terakhir belum ada transaksi sepeda motor di tempatnya.

Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).

“Kalau sebelum adanya kejadian ini rata-rata dalam sebulan tempat kami mampu menjual 30 motor, tetapi sekarang paling hanya 15 motor. Jadi menurun hingga 50 persennya,” ucapnya.

Nugroho juga mengatakan, disaat penjualan tengah sepi justru banyak yang menjual kendaraan ke tempatnya.

“Kalau barangnya masuk ya saya terima, tetapi kalau tidak ya tidak saya terima. Barang di tempat saya juga masih banyak soalnya,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh pemilik showroom Mokas Gilang Motor, I Wayan Suryanata.

Baca juga: Begini Cara Kuras Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X