Kompas.com - 01/04/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Kawasaki di ajang balap tak diragukan lagi, baik di ajang kejuaraan balap sekelas World Superbike (WSBK) hingga Asia Road Racing Championship (ARRC). Dengan hadirnya Ninja 250 4-silinder alias ZX-25R, Kawasaki juga akan menurunkan jagoannya tersebut di lintasan balap.

Leon Chandra, kepala mekanik OneXOX TKKR, membeberkan, sudah ada pembicaraan dengan pihak promotor dan technical committee dari Two Wheels Motor Racing (TWMR), terkait turunnya ZX-25R.

Baca juga: Kawasaki Pamer Ninja 250 4-Silinder Versi Balap

"Mereka masih belum tahu cara membatasi Ninja 250 4-silinder kalau sampai turun balap biar kompetitif dengan merek motor lain," ujar pria yang akrab disapa Koh Leon tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom ModelKawasaki Motors Japan Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom Model

Koh Leon menjelaskan, regulasi di ARRC kelas Asia Production 250 (AP250), tidak membatasi jumlah silinder. Dua hal yang diutamakan adalah motornya dijual di Asia dan kapasitas mesinnya 250 cc.

"ZX-25R masih dalam pembahasan, karena motornya belum ada dan belum dites. Jadi, mereka belum tahu harus membatasi RPM-nya di angka berapa dan berapa bobotnya biar balapannya seimbang. Tapi, kemungkinan besar pasti turun sih," kata tuner kawakan tersebut.

Baca juga: Kawasaki Akan Gelar Balap Khusus Ninja 250 4-Silinder

Belum lama ini, Kawasaki Motors Japan mengunggah ZX-25R versi balap yang dijuluki Racer Custom Model. Motor sport 250 cc tersebut dilengkapi dengan beragam komponen pendongkrak performa dari merek aftermarket.

Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom ModelKawasaki Motors Japan Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom Model

Selain itu, Kawasaki juga mengumumkan tentang rencana penyelenggaraan ajang balap khusus ZX-25R yang katanya akan dilakukan pada 2021 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.