3 Langkah Mudah Merawat Ban Mobil Saat WFH

Kompas.com - 27/03/2020, 07:32 WIB
ban mobil baru Kompas.com/Fathan Radityasaniban mobil baru
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Merebaknya virus covid-19 atau corona di Indonesia membuat banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan agar bekerja dari rumah atau work from home ( WFH).

Kebijakan yang dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus mematikan ini, rencananya diberlakukan hingga 14 hari atau untuk di DKI Jakarta dan sekitarnya hingga 5 April 2020.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika WFH akan diberlakukan lebih lama sembari melihat kondisi terkini.

Selama penerapan bekerja di rumah, otomatis mobilitas menggunakan kendaraan juga menjadi berkurang. Mobil dan sepeda motor kemungkinan akan lama tidak digunakan untuk sekadar beraktivitas sehari-hari.

Baca juga: Rotasi Ban Mobil Jangan Sampai Sia-sia

Tidak sedikit pemilik kendaraan yang kemudian lalai dalam melakukan perawatan. Baik itu bagian mesin, bodi, termasuk juga kaki-kaki, termasuk kondisi ban.

Karet pelapis pelek ini juga membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelenturan karet serta keawetan ban itu sendiri.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal mengatakan, perawatan ban bisa dilakukan sendiri di rumah.

Beberapa tahapan dalam melakukan perawatan di antaranya:

1. Menjaga tekanan udara

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

Zulpata menjelaskan, ban kendaraan yang jarang dipakai membuat tekanan udara di dalamnya bisa berkurang. Hal ini terjadi karena konstruksi ban yang memang tidak dibuat dalam kondisi yang benar-benar padat.

Baca juga: Cara Aman Ganti Ban Mobil Sendiri untuk Wanita

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X