Giliran Pemprov DKI Batalkan Mudik Gratis Lebaran 2020

Kompas.com - 27/03/2020, 07:22 WIB
Pelepasan kegiatan mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan di Monas pada 30 Mei 2019. KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARIPelepasan kegiatan mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan di Monas pada 30 Mei 2019.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Kementerian Perhubungan ( Kemenhub), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta rupanya juga sudah membatalkan program mudik gratis untuk Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, langkah peniadaan mudik gratis tak lain menjadi upaya mitigasi penularan virus corona ( Covid-19) yang lebih meluas ke dearah-daerah.

"Agar bisa menekan rantai penularan, Pemprov akhirnya membatalkan mudik gratis Lebaran 2020. Kita lihat kondisi saat ini memang sangat tidak kondusif," ucap Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Jangan Mager, Begini Cara Benar Panaskan Mobil Saat WFH

Menurut Syafrin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, juga sudah sering menyerukan untuk tidak piknik dan mudik saat Lebaran nanti bagi warga Jakarta.

Ilustrasi mudik gratisGALIH PRADIPTA Ilustrasi mudik gratis

Apalagi mengingat status Jakarta yang sudah ditetapkan sebagai darurat Covid-19. Karena itu, sebagai langkah preventif mencegah penularan, Pemprov membatalkan mudik gratis tahun ini yang semula akan digelar pada 17-18 Mei 2020.

"Jakarta sudah menjadi episentrum corona, kita harus lebih waspada lagi. Kami juga mohon pengertiannya dari warga untuk tidak nekat mudik karena bisa memberikan dampak yang berbahaya bagi keluarga di kampung," ucap Syafrin.

"Saran kami, bila memang sayang keluarga tunda dulu mudiknya, karena potensi penularan itu sangat besar ketika mudik mengingat pergerakan massa yang juga sangat tinggi dalam waktu yang bersamaan," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sobat Dishub, dalam kondisi seperti ini, ditunda dulu ya acara mudik dan piknik nya . Kita harus pahami bahwa dalam masa krisis Covid-19 ini penting untuk kita Mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan disiplin untuk #dirumahaja . Hal ini adalah tanda rasa simpati dan bentuk kasih sayang kepada keluarga dan kerabat kita semua. Karena kita bisa saja tanpa menyadari kalau kita adalah pembawa virus tersebut, meskipun kita sudah jaga kebersihan dan lain lain. Maka dari itu isolasi #dirumahaja penting untuk melindungi diri sendiri dan orang yang kita sayang . Manfaatkan waktu terbaikmu di rumah dengan kegiatan positif yang kamu senangi. Manfaatkan teknologi Video Call jika dirasa rindu tidak bisa menunggu . Jaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi ya. Semoga ini cepat berlalu #dishubdkijakarta

A post shared by DISHUB PROVINSI DKI JAKARTA (@dishubdkijakarta) on Mar 25, 2020 at 11:53pm PDT

Baca juga: Tiga Opsi Pemerintah soal Mudik Lebaran di Tengah Wabah Covid-19

Kemenhub sendiri sudah menyatakan untuk membatalkan program mudik bareng yang biasanya diadakan bersama BUMN dan perusahaan swasta lainnya.

Walau mendatangkan pro kontra, namun tujuan peniadaan mudik gratis dilakukan untuk kepentingan yang lebih besar, yakni memutus mata rantai penyebaran corona agar tak berdampak hingga ke daerah-daerah di Tanah Air.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X