Cegah Corona, Layanan Samsat Keliling di Solo Ditutup Sementara

Kompas.com - 27/03/2020, 07:12 WIB
Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019 KOMPAS.com / Aditya MaulanaBayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 semakin meluas di wilayah Kota Solo, kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) akhirnya menutup pelayanan pajak keliling.

Selanjutnya, para pemilik kendaraan yang ingin membayarkan pajak satu tahunan dipersilakan langsung datang ke kantor Samsat Solo.

Penghentian pelayanan di Samsat keliling mulai diberlakukan pada Kamis (26/3/2020) sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Kasi Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) Unit Pengelola Pendapatan Daerah ( UPPD) Samsat Solo, Nurma Riyanti menjelaskan, jika penutupan ini berkaitan dengan semakin meluasnya zona merah virus corona di Kota Solo.

Baca juga: Antisipasi Corona, Layanan Bayar Pajak Kendaraan Mulai Dibatasi

“Pelayanan Samsat keliling kami hentikan semuanya, mulai dari Samsat keliling bus, mobil Hiace, maupun di mal Robinson dan juga di gerai Samsat di Pasar Kliwon,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Aplikasi SAKPOLE merupakan aplikasi untuk pajak kendaraan bermotor secara online di Jawa Tengah. Ari Purnomo Aplikasi SAKPOLE merupakan aplikasi untuk pajak kendaraan bermotor secara online di Jawa Tengah.

Nurma menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan kapan pelayanan Samsat keliling akan dioperasionalkan kembali.

“Kami masih menunggu perkembangan selanjutnya,” ucapnya.

Sementara itu, bagi para pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak tahunan, Nurma menyarankan, bisa langsung datang ke kantor Samsat.

“Atau kalau tidak juga bisa membayar melalui aplikasi Sakpole. Dengan aplikasi itu, wajib pajak bisa memilih lokasi pembayaran,” ujar Nurma.

Misalkan, lanjutnya, di Alfamart, Indomart, ATM, internet banking, kantor pos dan juga tempat pembayaran yang sudah ditunjuk.

Baca juga: Tidak Perlu ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X