Ramai Virus Corona, Masyarakat Bisa Servis Motor di Rumah

Kompas.com - 23/03/2020, 15:22 WIB
Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad RudiSalah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah diler sepeda motor menyesuaikan waktu operasional sesuai dengan instruksi pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pemilik motor yang ingin melakukan perawatan rutin, harus memantau jam buka diler. Atau agar lebih mudah, bisa memanfaatkan jasa servis di rumah, sekaligus menghindari bertemu dengan banyak orang.

Riecky Patrayudha, Service Department Head 2W, 4W, dan Marine, mengatakan, pihaknya menyediakan layanan servis di rumah dengan menghubungi diler terdekat atau bisa melalui Halo Suzuki.

Baca juga: Pemerintah Mudahkan Pembiayaan Motor di Tengah Wabah Virus Corona

Ilustrasi servis sepeda motor SuzukiSuzuki Indomobil Sales (SIS) Ilustrasi servis sepeda motor Suzuki

“Kami saat ini juga terus fokus ke layanan home service, dengan waktu operasional dari jam 08.00 sampai 16.00,” ujar Riecky kepada Kompas.com (22/3/2020).

Riecky mengatakan, layanan servis di rumah tidak dikenakan biaya. Namun terbatas pada perawatan ringan seperti ganti oli, kampas rem, filter udara, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Servis di rumah untuk sepeda motor dengan odometer 1.000 sampai 30.000 km (sesuai kelipatannya), itu bisa ditangani. Tapi untuk 30.000 km ke atas harus ke bengkel, karena alatnya tidak memungkinkan,” katanya.

Baca juga: Lakukan Ini Jika Terpaksa Riding saat Virus Corona Merebak

Ilustrasi diler YamahaKOMPAS.com/Aditya Maulana Ilustrasi diler Yamaha

Untuk mempermudah konsumen, Riecky berujar bahwa Suzuki punya layanan antar jemput jika konsumen ingin kendaraanya diservis tanpa perlu datang ke diler.

Sementara itu, diler sepeda motor Honda malah tengah memberikan diskon jasa servis ringan pada masa tanggap darurat virus corona.

“Saat ini ada diskon jasa sebesar 20 persen, misalnya untuk matik normalnya Rp 105.000, setelah diskon jadi sekitar Rp 84.000. Dan ini juga berlaku untuk layanan servis di rumah,” ucap Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, kepada Kompas.com (23/3/2020).

Baca juga: Air Purifier Kabin Mobil Tak Berdaya Tangkal Virus Corona

Ada 22 poin yang harus dilakukan saat servis sepeda motor di bengkel resmi Yamaha.Ghulam/Otomania Ada 22 poin yang harus dilakukan saat servis sepeda motor di bengkel resmi Yamaha.

Program servis di rumah rupanya juga dilakukan oleh diler Yamaha, namun harus diingat layanan ini punya batas jarak maksimal. Jadi konsumen harus memastikan lokasi diler tidak terlalu jauh dari rumah.

“Servis di rumah biasanya perawatan yang ringan dan sederhana, tanpa biaya tambahan. Tapi khusus radius 3 km dari diler, kalau jauh enggak kami ambil,” kata Rendy Arrie, Kepala Cabang Yamaha Permata Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com (22/3/2020).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.