Kebijakan Kerja dari Rumah, Diler Motor Sesuaikan Jam Operasional

Kompas.com - 23/03/2020, 15:02 WIB
Ilustrasi diler Yamaha KOMPAS.com/Aditya MaulanaIlustrasi diler Yamaha
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah dan Pemprov DKI Jakarta telah menyerukan sejumlah instansi baik negeri maupun swasta untuk memberikan opsi bekerja di rumah. Aturan ini berlaku selama masa tanggap darurat virus corona yang berlaku dari 23 Mei sampai 5 April 2020.

Meski begitu, sejumlah diler motor ternyata tetap buka untuk melayani pelanggan. Namun dengan waktu kerja yang lebih singkat.

Rendy Arrie, Kepala Cabang Yamaha Permata Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, pihak mengikuti imbauan Yamaha dan pemerintah untuk menyesuaikan jam operasional.

Baca juga: Jangan Asal Aktifkan Fitur Sirkulasi Udara Kabin Mobil

Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).

“Masing-masing diler punya kebijakan, tapi dari Yamaha memang sudah kasih imbauan,” ujar Rendy kepada Kompas.com (22/3/2020).

“Mulai Senin (23/3/2020) sampai 31 Maret 2020 kami jam buka 08.30 WIB, tutup jam 16.00 WIB. Kalau kondisi memang sepi, bisa jam 14.00 WIB atau 15.00 WIB sudah tutup,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya diler Yamaha yang memberlakukan jam kerja lebih singkat, diler Honda juga demikian. Bahkan jumlah karyawan yang harus bekerja pun dikurangi untuk meminimalisir dampak virus corona.

Baca juga: Pemerintah Mudahkan Pembiayaan Motor di Tengah Wabah Virus Corona

Salah satu diler Honda menerapkan pelayanan khusus pada masa tanggap darurat virus coronaIstimewa Salah satu diler Honda menerapkan pelayanan khusus pada masa tanggap darurat virus corona

“Jam buka kami perpendek, yang awalnya dari jam 07:00 WIB sampai 17:00 WIB, menjadi jam 08:00-16:00 WIB,” ucap Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, kepada Kompas.com (23/3/2020).

“Selain itu man power juga kami kurangi, semisal normalnya di diler itu ada 4 mekanik, saat ini cukup 2 mekanik saja,” ujar Asep.

Walaupun beberapa diler motor memberlakukan jam kerja yang lebih singkat, lain halnya dengan diler Suzuki yang masih buka normal.

Baca juga: Lakukan Ini Jika Terpaksa Riding saat Virus Corona Merebak

Ilustrasi servis sepeda motor SuzukiSuzuki Indomobil Sales (SIS) Ilustrasi servis sepeda motor Suzuki

Service Department Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, mengatakan, jam operasional diler motor Suzuki masih seperti biasa yakni jam 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

“Jam operasional masih normal, tapi kami imbau ke semua diler, nomor satu setiap tamu yang datang harus minta izin untuk ukur suhu tubuh dan pakai hand sanitizer, sesuai arahan pemerintah,” kata Riecky kepada Kompas.com (22/3/2020).

“Kami saat ini juga terus fokus ke layanan home service, konsumen bisa hubungi diler atau ke Halo Suzuki nanti dari sana diarahkan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.