Ketimbang Hand Sanitizer, Cairan Ini Lebih Aman buat Interior Mobil

Kompas.com - 22/03/2020, 09:01 WIB
ilustrasi cuci tangan dengan hand sanitizer SHUTTERSTOCKilustrasi cuci tangan dengan hand sanitizer
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa komponen pada kabin mobil bisa jadi media penyebaran virus corona atau Covid-19. Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus lebih rajin membersihkan interior.

Tanpa disadari bagian seperti setir, gagang pintu, dasbor, handle rem tangan, tuas lampu sein dan wiper, serta tuas transmisi bisa jadi tempat bersarangnya bakteri ataupun virus.

Orang awam biasa mengambil langkah praktis dengan menggunakan hand sanitizer untuk membersihkannya.

Baca juga: Mengapa Mobil Dilarang Langsam di Sisi Paling Kanan Jalur Jalan Tol?

Desain dasbor Mazda CX-30 tipe Touring.Kompas.com/Dio Desain dasbor Mazda CX-30 tipe Touring.

Menurut Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara, hal tersebut lumrah saja tapi sebetulnya ada cairan yang lebih aman untuk membersihkan interior.

Sebab cairan hand sanitizer mengandung alkohol yang dapat merusak lapisan kulit pada interior mobil kesayangan.

“Sebetulnya cara yang ideal harus menggunakan pembersih khusus interior. Tapi bagi Anda yang ingin melakukannya di rumah sendiri, bisa memanfaatkan alat yang ada,” ucap Edy kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Bisa atau Tidak Aki Mobil Mesin Bensin Dipakai di Diesel?

Salah satu petugas kebersihan Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandar Lampung membersihkan pegangan eskalator. Titik-titik yang kerap dipegang pengunjung menjadi prioritas untuk dibersihkan.Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya Salah satu petugas kebersihan Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandar Lampung membersihkan pegangan eskalator. Titik-titik yang kerap dipegang pengunjung menjadi prioritas untuk dibersihkan.

“Bisa pakai campuran air dan sabun bayi, karena sabun bayi punya PH yang cocok, serta tidak merusak kulit di interior mobil,” katanya.

Cara ini terbilang ampuh membuat kabin mobil jadi lebih bersih, terutama dari bakteri dan virus. Apalagi virus corona kabarnya bisa hilang cukup dengan detergen, sabun bayi tentu saja cukup mumpuni.

Anda bisa mengoleskan campuran ini dengan kain bersih di tempat-tempat yang sering disentuh. Jangan lupa keringkan dengan lap microfiber usai membersihkan semua bagian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X