Awas Ada Hoaks soal Jalan Tol Ditutup Akibat Jakarta Lockdown

Kompas.com - 22/03/2020, 07:32 WIB
Pintu keluar tol dalam kota Cawang-Slipi dialihfungsikan sebagai pintu masuk tamu VVIP yang akan menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Kompleks Parlemen Senayan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2019). KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELAPintu keluar tol dalam kota Cawang-Slipi dialihfungsikan sebagai pintu masuk tamu VVIP yang akan menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Kompleks Parlemen Senayan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2019).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya pandemi virus corona ( Covid-19) di Indonesia membuat beberapa kepanikan di masyarakat.

Parahnya lagi, situas tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi bohong alias hoaks.

Salah satunya yang ramai di media sosial adalah mengenai isu Jakarta yang menerapkan lockdown. Bahkan sampai menyebutkan penutupan sejumlah gerbang tol yang menjadi akses untuk menuju Ibu Kota.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Aki MF Lebih Awet dari Tipe Basah?

Namun informasi penutupan sejumlah gerbang tol akibat Jakarta lockdown pun ditepis oleh pihak PT Jasa Marga (Persero). Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru, menyebutkan informasi tersebut adalah hoaks.

Informasi bohong atau hoax yang beredar dimasyarakat tentang penutupan jalan tolDokumentasi Ditlantas Polda Metro Jaya Informasi bohong atau hoax yang beredar dimasyarakat tentang penutupan jalan tol

"Menggapi beredaranya informasi mengenai ditutupnya sejumlah ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marta Group di wilayah Jabotabek, kami tegaskan informasi tersebut tidak benar atau hoaks," ucap Heru dalam siaran resminya, Sabtu (21/3/2020).

Heru mengatakan, sampai hari ini Jasa Marga masih mengoperasikan ruas jalan tol wilayah Jabotabek dengan normal tanpa ada penutupan.

"Hingga keterangan resmi ini diturunkan, ruas tol Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga Group diantaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Sedyatmo, Tol Jagorawi, dan JORR Non S, masih beroperasi normal," ujar Heru.

Baca juga: Mengapa Mobil Dilarang Langsam di Sisi Paling Kanan Jalur Jalan Tol?

Kondisi kendaraan mobil yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek, Rabu (25/12/2019).KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARI Kondisi kendaraan mobil yang memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek, Rabu (25/12/2019).

Senada dengan Heru, Direktrur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, juga membatah adanya informasi penutupan jalan tol akibat lockdown. Menutur dia, kabar tersebut merupakan rekayasa dari berita online yang diedit.

"Dari kepolisian tidak ada melakukan pemeriksaan yang akan ke Jakarta," kata Sambodo seperti yang dilansri dari NTMC.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X