Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Pasang Sarung atau Retrim Jok pada Interior Mobil?

Kompas.com - 22/02/2020, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jok mobil standar biasanya dilengkapi dengan balutan bahan kain biasa, alias fabric.  Bagi sebagian pemilik mobil, jok fabric kurang nyaman atau belum merasa mewah dengan tampilan joknya, bisa melakukan modifikasi pada lapisan bahan yang membalutnya.

Saat ini bagi yang ingin memodifikasi joknya, bisa menggunakan sarung atau melapis ulang (retrim) jok dengan bahan baru. Kedua model ubahan ini bisa memilih bahan semi kulit (sintetis).

Tapi, apa sih kelebihan dari masing-masing modifikasi ini?

Edy, pemilik bengkel spesialis interior, Vertue Concept di Sunter, mengatakan, kelebihan dari menggunakan sarung jok jika dibandingkan dengan retrim jok yaitu dari segi harga dan kemudahan memasang.

Baca juga: 2 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Kopling

retrim jokKompas.com/Fathan retrim jok

“Harga sudah pasti sarung jok lebih murah. Kalau retrim kan mengganti fabric dengan lapisan yang baru. Sarung jok juga lebih mudah dipasangnya, tidak perlu melepas bahan fabric pada jok bawaan,” kata Edy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kelebihan dari retrim jok yaitu bahan yang digunakan dan bentuknya bisa menyesuaikan dari keinginan pemilik. Bisa juga ditambahkan busa pada jok agar semakin nyaman. Penyesuaian seperti ini hanya bisa dilakukan ketika retrim jok.

“Ketika retrim jok, lapisan fabric bawaannya kita berikan kepada pelanggan. Jadi kalau misalnya ingin dikembalikan ke standar, bisa dilakukan,”ucap Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com