Salah Kaprah Penyebutan Aki Basah dan Kering

Kompas.com - 21/03/2020, 11:46 WIB
Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiDeretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini banyak pemilik kendaraan yang salah dalam menyebut jenis baterai. Seperti diketahui, terdapat beberapa tipe aki untuk sepeda motor ataupun mobil.

Sebagai contoh, aki tipe basah yang membutuhkan perawatan berkala, baterai kering dan juga maintenance free ( MF).

Untuk jenis baterai tipe MF ini banyak yang menyebutnya sebagai aki kering. Hal ini dikarenakan aki jenis tersebut tidak membutuhkan penambahan air aki atau perawatan secara berkala.

Baca juga: Aki Mobil Mesin Diesel Beda dengan Bensin, Ini Alasannya

Padahal, penyebutan tersebut tidaklah benar hal ini karena komponen penyimpan energi listrik tersebut juga terdapat cairan di dalamnya. Sehingga, masih digolongkan sebagai aki basah.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, pada dasarnya baterai yang selama ini disebut sebagai aki kering tidaklah benar.

“Iya memang ada kesalahan dalam menyebut tipe aki, untuk tipe MF itu bukan aki kering maintenance free atau bebas perawatan,” kata Suparna kepada Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Jadi, sambung Suparna, baterai tipe MF itu bukan aki kering karena di dalamnya juga ada cairannya atau gelnya.

Memiliki julukan bebas perawatan tersebut, lanjut Suparna, baterai tipe MF ini tidak perlu dilakukan pengisian air aki seperti pada aki basah.

Baca juga: Bisa atau Tidak Aki Mobil Mesin Bensin Dipakai di Diesel?

Aki itu ada karet silnya dan di dalamnya ada gel elektrolit yang berbeda, dan itu masih tergolong sebagai aki biasa bukan kering,” ucapnya.

Beberapa jenis aki mobil.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa jenis aki mobil.

Sedangkan yang termasuk ke dalam akumulator kering, yaitu baterai yang digunakan untuk motor listrik. Secara harga pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan aki basah atau pun aki MF.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Polisi Kurangi Kegiatan Razia Kendaraan

Aki kering itu yang dipakai untuk motor atau mobil listrik. Kalau harganya aki mobil hanya ratusan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah itu masih aki basah," kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X