Bulan Depan Mobil Listrik i8 Setop Produksi, Ini Respon BMW Indonesia

Kompas.com - 13/03/2020, 15:42 WIB
BMW i8 saat mengisi bahan bakar listrik dari prototipe garasi khusus untuk mobil listrik di International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/4/2018). BMW Group perkenalkan prototipe garasi yang dapat menghasilkan listrik dari sinar matahari dan memiliki panel surya di bagian atapnya. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIBMW i8 saat mengisi bahan bakar listrik dari prototipe garasi khusus untuk mobil listrik di International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/4/2018). BMW Group perkenalkan prototipe garasi yang dapat menghasilkan listrik dari sinar matahari dan memiliki panel surya di bagian atapnya.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bayerische Motoren Werke atau lebih akrba disapa BMW, dikabarkan bakal menghentikan salah satu mobil elektrifikasinya yang memiliki desain sporty, yakni i8.

Mengutip dari Autoevolution dan Motor1, BMW telah memberikan pernyataan bila perakitan dari mobil sport plug-in hybrid tersebut akan mulai setop produksi pada pertengahan April 2020.

Penyebab utamanya bukan dikarena marak virus corona (Covid-19), melainkan pabrikan asal Jerman tersebut berniat untuk menggantinya dengan model EV terbaru yang rumor juga memiliki kareakter sporty.

Baca juga: Resmi, Toyota dan Daihatsu Luncurkan Ayga-Ayla Facelift Pekan Depan

Soal rencana penghentian produksi i8 sebelumnya sudah mulai terdengar pada akhir 2019. Bahkan BMW sempat mengeluarkan edisi khusus i8 jelang akhir hayatnya, yakni i8 Ultimete Sophisto.

Penyerahan satu-satunya unit BMW i8 Protonic Red Edition ke tanggan konsumen.dok. BMW Penyerahan satu-satunya unit BMW i8 Protonic Red Edition ke tanggan konsumen.

Seperti diketahui, kepopuleran BMW i8 bukan hanya di daratan Eropa saja, mobil ini juga banyak penggemarnya di Indonesia sejak diluncurkan pada 2016 lalu. Bahkan mobil sport elektrik yang meluncur pertama kali pada 2013 bersama dengan i3 ini, juga sudah menjadi sebuah kendaraan ikonik.

Ketika menanyakan kabar ini, Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O'tania mengatakan, belum ada pernyataan resmi dari BMW langsung soal setop produksi BMW i8.

Baca juga: Mobil Listrik BMW Meluncur Jelang Balapan Formula E

Mobil sport BMW First-ever BMW i8 Roadster terlihat di Jakarta, Rabu (17/10/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil sport BMW First-ever BMW i8 Roadster terlihat di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

"BMW i8 Coupe sudah menjadi ikon dengan penjualan terbanyak sejak 2014, yakni 20.000 unit. Mobil ini juga satu-satunya kendaraan sport listrik di Indonesia yang dijual secara resmi dan sampai saat ini populasinya sudah cukup banyak," ucap Jodie kepada Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

"Bulan April ini BMW i8 Coupe telah mencapai masa lifecyle-nya, hal ini biasa terjadi di industri otomotif yang mana kendaraan ikonik akan digantikan dengan model baru yang lebih inovatif. Tapi sampai saat ini memang belum ada kabar resminya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.