Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaturan Arus Lebaran 2020, Tol Layang Cikampek Jadi Sorotan

Kompas.com - 13/03/2020, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia mulai melakukan persiapan untuk menyambut arus mudik dan balik lebaran tahun ini melalui Operasi Ketupat 2020.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, menyatakan, hal tersebut patut jadi perhatian karena pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi berpotensi meningkat, seiring dengan perkembangan infrastruktur.

"Untuk wilayah Jabar, arus mudik akan terbebani di Tol Elevated Kilometer (Km) 48, kemudian agar dipersiapkan untuk antisipasi di bottle neck pada KM 47, semua kendala seperti kehabisan bensin dan penerangan harus dipersiapkan langkah-langkahnya," ujar dia melansir ntmcpolri, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Jalankan Truk ODOL, Pengusaha Terancam Hukuman Pidana

Brigjen Pol Istiono gantikan Refdi sebagai Kakorlantas Polri Brigjen Pol Istiono gantikan Refdi sebagai Kakorlantas Polri

Bila lalu lintas terlalu padat, skenario sementara yang akan diambil oleh pihak Korlantas Polri adalah menerapkan sistem one way di KM 70-414 Kalikangkung secara situasional.

Sementara untuk arus balik, yang jadi perhatian adalah KM 66 karena adanya pertemuan arus dari arah Bandung dan Jawa Tengah. Untuk itu, ia berharap jajarannya melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

"Ini harus dikoordinasikan, diatur skenarionya bagaimana supaya tidak terjadi penumpukkan," kata Istiono.

Dirinya juga memberi perhatian lebih terhadap arus mudik dan arus balik Jalur Sumatra dan Bali. Bahkan, ruas tersebut harus diskenariokan lebih awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com