Akhir Pekan, Car Free Day Hilang Sementara di Jakarta

Kompas.com - 13/03/2020, 08:22 WIB
CFD Bundaran HI Pasca hujan deras di Jakarta, Minggu (23/2/2020) KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARICFD Bundaran HI Pasca hujan deras di Jakarta, Minggu (23/2/2020)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona ( Covid-19), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan beragam kebijakan. Salah satu yang terkini, adalah membatasi interaksi antar masyarakat di ruang publik.

Beberapa kegiatan telah ditunda. Mulai dari perhelatan Formula E, sampai peniadaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day selama dua pekan berturut-turut, yakni pada 15 dan 22 Maret 2020.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan ( Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. Menurut Syafrin pemberlakukan ini dilakukan terkait upaya pencegahan virus corona dan tindakan proaktif Pemprov untuk melindungi warga.

Baca juga: Resmi, Toyota dan Daihatsu Luncurkan Ayga-Ayla Facelift Pekan Depan

"Betul, sesuai arahan jadi pada 15 dan 22 Maret tidak diadakan dulu. Lalu lintas di lokasi-lokasi yang biasanya digunakan untuk car free day akan dibuka seperti biasa, artinya lalu-lintas akan berjalan normal," ucap Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, setelah dua pekan nanti, Pemprov melalui Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta akan melakukan pemantauan kembali soal perkembangannya.

Bila memang sudah memungkinkan maka car free day akan kembali digelar. Namun bila kondisi masih belum kondusif, maka akan dilakukan sebaliknya.

BMW i8 ikut ramaikan peresmian Formula E di Jakarta BMW i8 ikut ramaikan peresmian Formula E di Jakarta

"Tadi sudah disampaikan oleh pak gubernur, jadi akan dievaluasi lagi nanti. Apa yang dilakukan ini untuk menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan virus tersebut," ujar Syafrin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X