Fitur Cruise Control Bisa Berguna Seiring Banyaknya Jalan Tol di Indonesia

Kompas.com - 10/03/2020, 11:42 WIB
Cruise control Suzuki Swift GS StanlyCruise control Suzuki Swift GS

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur cruise control pada mobil dinilai memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah untuk mengistirahatkan kaki pengemudi sejenak, karena tidak harus terus menginjak pedal gas.

Namun nyatanya, banyak masyarakat yang menilai fitur ini dinilai kurang cocok jika digunakan di Indonesia, mengingat kondisi jalan yang padat dan kebiasaan mengemudi yang dinilai kurang tertib.

Terlebih lagi masyarakat akan berpikir ulang untuk membeli mobil yang menyematkan fitur canggih ini, karena berpengaruh pada harga.

Contohnya untuk Honda HR-V tipe S CTV yang tidak memiliki fitur cruise control dibanderol dengan harga Rp 307, 2 juta. Sedangkan untuk HR-V tipe E CTV yang sudah disematkan fitur cruise control dibanderol dengan harga Rp 331,2 juta.

Lantas, apa yang membuat pabrikan mobil masih tetap menyematkan fitur cruise control?

Baca juga: Syarat Kondisi Jalan yang Bisa Aktifkan Fitur Cruise Control

Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, mengungkapkan alasan kenapa Honda memberikan fitur canggih tersebut buat model menengah seperti HR-V.

Honda HR-V 1.5L Special EditionSTANLY RAVEL Honda HR-V 1.5L Special Edition

Menurut Yusak, fitur cruise control tetap disematkan pada kendaraan karena melihat peluang infrastruktur di Indonesia yang semakin berkembang.

“Infrastuktur di Indonesia itu terus berkembang, salah satunya pembangunan jalan tol yang merata di seluruh wilayah. Oleh karena itu cruise control akan sangat berfungsi nantinya ketika berkendara,” ujar Yusak, saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (09/03/2020)

Meskipun begitu, sebenarnya penggunaan fitur cruise control sah-sah saja selama kondisi jalan baik, lalu lintas lancar, kecepatan kendaraan lain stabil dan jarak aman terpenuhi.

Karena jika salah, dapat menyebabkan kehilangan kontrol kendaraan dan dapat menyebabkan kecelakaan yang bisa berakibat kematian atau cedera serius.

Baca juga: Kenali Fitur Adaptive Cruise Control pada Mobil

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X