Kenali Fitur Adaptive Cruise Control pada Mobil

Kompas.com - 10/03/2020, 09:02 WIB
Mengatur fitur Adaptive Cruise Control Honda Sensing Azwar Ferdian/Kompas.comMengatur fitur Adaptive Cruise Control Honda Sensing

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur cruise control memang bukan sesuatu yang baru dalam teknologi modern kendaraan. Dengan fitur ini, pengendara bisa menyetel kecepatan yang diinginkan dan mobil akan berjalan konstan tanpa harus menekan pedal gas.

Namun, fitur cruise control sudah disempurnakan dengan kemampuan tambahan, yakni Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow (LSF). Fitur ini sudah tersedia pada beberapa jenis mobil, salah satunya ada pada All New Accord.

Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy menjelaskan, kelebihan dari fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow (LSF).

Baca juga: Syarat Kondisi Jalan yang Bisa Aktifkan Fitur Cruise Control

“Dengan adanya Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, kendaraan kita dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang berada di depan. Fitur ini bisa digunakan pada beberapa kondisi jalan, bukan hanya di jalan tol saja,” ujar Yusak saat dihubungi Kompas.com, Senin (09/03/2020)

Sistem ACC diatur menggunakan Millimeter-Wave Radar dan Monocular Camera untuk mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, serta mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal.

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC).Honda Prospect Motor Fitur Adaptive Cruise Control (ACC).

Baca juga: Begini Mekanisme Penggunaan Fitur Cruise Control

“Caranya kita setting dulu kecepatan maksimalnya berapa dan mau berapa meter jaraknya dengan kendaraan di depan. Kalau kita setting 60 Km per jam (Kpj), tiba-tiba kendaraan didepan berubah jadi 80 Kpj, mobil kita tetap berada di kecepatan 60 Kpj, karena kecepatan maksimalnya sudah diset 60 Kpj,” ujar Yusak.

Yusak melanjutkan, “Tetapi jika mobil di depan menurunkan kecepatan menjadi 40 Kpj, maka mobil kita juga akan mengikuti 40 Kpj secara otomatis tanpa harus menginjak rem.”

Bila mobil di depan perlahan berhenti, maka mobil kita juga akan ikut berhenti secara otomatis. Ketika mobil di depan mulai berjalan dari posisi berhenti, maka mobil kita kembali mengikuti mobil di depannya saat tombol SET atau RES maupun pedal gas diaktifkan.

Tetapi jika mobil berhenti lebih dari lima detik, maka kita perlu mengatur ulang fitur ACC seperti di awal.

Fitur ACC ini dinilai lebih aman dioprasikan di Indonesia, terutama di ruas tol dengan tingkat kepadatan kendaraan yang tidak terlalu parah. Namun perlu ditegaskan, pengemudi tetap menjadi sosok yang berkuasa atas kemudi mobil sehingga harus tetap waspada dan bersiap jika fitur tidak bekerja secara maksimal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X