Penghapusan Data STNK Penunggak Pajak Belum Berlaku

Kompas.com - 10/03/2020, 06:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana penghapusan registrasi dan identifikasi (Regident) surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) yang menunggak pajak tengah direncanakan Ditlantas Polda Metro Jaya.

Khususnya bagi kendaraan bermotor yang tidak membayar selama dua tahun berturut-turut, sejak habisnya masa berlaku STNK setiap lima tahun.

Kasie STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman, mengatakan, wacana tersebut sudah digencarkan sejak 2019 lalu.

Baca juga: Kenapa Sekarang Bikin SIM Harus Lolos Tes Psikologi?

Razia pelanggar pajak kendaraan bermotor di Senen, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020)Dok. Samsat Jakpus Razia pelanggar pajak kendaraan bermotor di Senen, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020)

Namun menurutnya, aturan ini masih belum resmi berlaku. Arif menyebutkan, prosesnya masih terus berjalan.

“Penghapusan STNK penunggak pajak ini lanjutan tahun lalu, tahapannya sampai sekarang itu masih sama, masih berupa sosialisasi dulu, belum ke action,” ujar Arif, belum lama ini.

Razia mobil di Jalan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Razia mobil di Jalan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017).

Rencananya, para penunggak pajak yang tak membayarkan setelah masa tenggangnya, tidak akan bisa lagi mendaftarkan kendaraannya.

“Logikanya kalau sudah dihapus, kendaraan yang nunggak pajak itu sudah tidak sah lagi, karena jadi kendaraan ilegal tidak punya surat-surat,” kata Arif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.