Tes Psikologi bagi Pemohon SIM Berlaku Juga di Jakarta

Kompas.com - 09/03/2020, 07:12 WIB
Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.idCara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM
|

JAKARTA, KOMPAS.comTes psikologi bagi pemohon Surat Izin Mengemudi ( SIM) rencananya akan serentak dilakukan di wilayah Jawa Tengah pada 9 Maret 2020. Sebelumnya, aturan ini sudah berlaku di Jawa Timur sejak Desember 2019.

Di wilayah DKI Jakarta, ternyata aturan ini juga telah berlaku. Hal ini diungkap oleh Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara.

“Sudah berlaku ( tes psikologi bagi pemohon SIM di Jakarta),” ucap Hedwin kepada Kompas.com, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: Resmi, Truk ODOL Tak Boleh Melintas Tol Jakarta-Bandung

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Menurutnya, aturan psikotes bagi pemohon SIM bahkan sudah berlaku sebelum dirinya menjabat sebagai Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya pada November 2019.

“Persisnya kapan saya juga kurang paham, karena sebelum saya menjabat sudah ada,” katanya.

Hedwin menambahkan, tes psikologi untuk penerbitan SIM sebetulnya merupakan amanah dari Pasal 81 ayat (4) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca juga: Fitur Cruise Control Bisa Berbahaya di Jalan Tol Indonesia

Lokasi tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat pada Kamis (21/6/2018). RIMA WAHYUNINGRUM Lokasi tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat pada Kamis (21/6/2018).

Sebagaimana yang dituangkan dalam Pasal 36 Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, aturan itu menyebutkan bahwa salah satu persyaratan penerbitan SIM adalah kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani.

Untuk pemeriksaan kesehatan rohani dilakukan dengan materi tes yang akan menilai beberapa aspek. Antara lain kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengedalian diri, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X