Mengenal 3 Generasi Yamaha Scorpio yang Kini Harganya Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 07/03/2020, 08:12 WIB
Yamaha Scorpio Limited Edition Febri ArdaniYamaha Scorpio Limited Edition
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan Scorpio pada 2002 silam. Saat pertama kali dipasarkan di Indonesia, pio begitu sebutannya, statusnya masih Completely Built Up ( CBU) Jepang.

Kala itu, kuda besi dengan kubikasi 225 cc itu hadir utuh dan didatangkan langsung dari Jepang. Awalnya, kehadiran Pio ini sebagai penerus dari kesuksesan RX-King yang dinilai sudah tidak lagi ramah lingkungan.

Maka, tidak heran jika saat pertama kali dipasarkan di Indonesia bentukan Pio ini sangat mirip dengan RX-King. Mulai dari model lampu depan, tangki dan juga posisi berkendaranya.

Tetapi, seiring dengan perjalanannya banyak perubahan yang dihadirkan pada motor berjuluk kalajengking ini. Terakhir, mulai dari tahun 2010-2015, Scorpio diproduksi dengan nama Scorpio Z.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini saat Membeli Yamaha Scorpio

Berikut generasi Yamaha Scorpio dari 2002 hingga 2015.

Scorpio tangki kotak

Yamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak).Ari Purnomo Yamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak).

Awal kemunculannya di Indonesia, Yamaha Scorpio memang memiliki bodi yang cukup unik, yakni dengan bentuk tangki kotak.

Sedangkan, motor-motor dari pabrikan lainnya menggunakan tangki dengan bentuk menggembung. Dengan tampilan inilah Pio dikenal dengan nama Steko kependekan dari Scorpio tengki (tangki) kotak.

Tetapi, jangan salah dengan status yang masih CBU Steko justru menjadi incaran para kolektor saat ini.

Bahkan harganya mencapai puluhan juta, dan ada seorang pemilik Steko yang menawarkannya mencapai Rp 30 juta di salah satu situs jual beli daring.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X