Perhatikan 4 Hal Ini saat Membeli Yamaha Scorpio

Kompas.com - 06/03/2020, 14:36 WIB
Mekanik tengah melakukan perbaikan Yamaha Scorpio di Bengke ASICS di Tohudan, Karanganyar, Jawa Tengah. Ari PurnomoMekanik tengah melakukan perbaikan Yamaha Scorpio di Bengke ASICS di Tohudan, Karanganyar, Jawa Tengah.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Yamaha Scorpio menjadi salah satu legenda sepeda motor dengan kubikasi paling besar pada zamannya, yakni 225 cc.

Maka tidak heran meskipun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak lagi memproduksi, peminat kuda besi berjuluk kalajengking ini masih banyak.

Selain untuk bahan modifikasi atau custom, tidak sedikit kolektor yang berniat meminangnya untuk koleksi pribadi. Dengan spesifikasi mumpuni, Scorpio memang menjadi salah satu motor paling diburu untuk “digarap”.

Terlebih, untuk melakukan modifikasi pada tubuh kalajengking ini tidaklah sulit. Scorpio bisa dimodif dengan berbagai konsep, mulai dari touring, chopper, bobber, scrambler ataupun dengan konsep yang lainnya.

Baca juga: Sudah Tak Diproduksi Lagi, Onderdil Yamaha Scorpio Sulit Dicari?

Bagi anda yang berniat untuk meminang motor ini, perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Orisinalitas

Tampilan Yamaha Scorpio dengan kapasitas mesin 225 ccAri Purnomo Tampilan Yamaha Scorpio dengan kapasitas mesin 225 cc

Saat membeli motor lawas dengan usia yang sudah tidak muda lagi kondisi motor perlu menjadi perhatian utama. Terutama pada keaslian motor seperti keluar dari pabrikan awalnya.

Keaslian atau orisinalitas motor ini juga menandakan bahwa motor tersebut dirawat oleh pemilik sebelumnya. Jika motor sudah dirawat paling tidak bisa menjadi tanda bahwa motor yang akan dipinang juga terjaga dan prima.

“Yang pertama harus diperhatikan adalah orisinalitasnya atau keaslian kondisinya,” Ketua Umum Adventure Scorpio Indonesia Club Surakarta (ASICS), Patrice Haryanto kepada Kompas.com, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Kenapa Yamaha Scorpio Banyak Dicari dan Harga Bekasnya Tembus Puluhan Juta Rupiah?

Bukan dari anak motor

Komunitas motor besar B?Brothers IndonesiaFoto: B’Brothers Indonesia Komunitas motor besar B?Brothers Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X