Manfaatkan Fasilitas Wuling, MG Bakal Produksi Mobil Secara Lokal?

Kompas.com - 06/03/2020, 19:25 WIB
MG ZS bakal segera dikenalkan ke pasar Indonesia KOMPAS.com/DioMG ZS bakal segera dikenalkan ke pasar Indonesia
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek mobil MG atau Morris Garage akhirnya resmi masuk Indonesia. Model pertama MG sebuah SUV bernama ZS, sudah siap dikenalkan Maret ini.

Figo Lee, Managing Director MG Motor Indonesia, mengatakan, untuk sementara pihaknya bakal membawa MG ZS secara utuh ( CBU/Completely Built Up) dari Thailand.

Ketika ditanya, apakah MG Indonesia berencana untuk merakit sendiri mobil untuk pasar Indonesia, Figo hanya mengatakan bahwa hal tersebut tidak mustahil.

Baca juga: Toyota Pantau Kehadiran Pendatang Baru MG Motor di Indonesia

Pekerja melakukan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja melakukan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.

“Kami optimis bahwa Indonesia merupakan market yang masih potensial. Kami sudah meriset konsumen Indonesia, kami akan berusaha penuhi yang sedang dibutuhkan market,” ujar Figo (5/3/2020).

Menanggapi hal ini, Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, mengatakan, MG Indonesia sudah punya rencana untuk memproduksi kendaraannya secara lokal.

“MG itu sudah mulai mendiskusikan sekarang impor hanya untuk perkenalan. Nanti mereka lihat perkembangan enam sampai satu tahun ini setelah itu dia akan masuk (produksi),” ucap Putu saat ditemui di Jakarta (6/3/2020).

Baca juga: Honda Tanggapi Santai MG ZS Tantang HR-V

Ekspor Perdana Wuling AlmazKOMPAS.com / Gilang Satria Ekspor Perdana Wuling Almaz

Menurut Putu, MG Indonesia terbilang optimis menggarap pasar Indonesia. Rencananya fasilitas milik Wuling bakal dimanfaatkan untuk memproduksi mobil-mobil MG secara lokal ( CKD/Completely Knock Down).

“Dia yakin banget kalau bisa bersaing. Kaya saudaranya (Wuling) bisa bersaing, masa dia enggak bisa bersaing,” katanya.

“Di awal ketemu dengan saya masih wacana seperti itu (produksi di pabrik Wuling), untuk awalan pakai kapasitas yang belum terpakai,” ujar Putu.

Untuk diketahui, sebagai tahap awal sebanyak 50 unit MG ZS asal Thailand akan dibawa untuk dipasarkan di Indonesia. Putu juga belum bisa memastikan, apakah mobil berikutnya masih diimpor utuh atau sudah diproduksi secara lokal.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X