Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Mobil Diesel Masuk Angin, Jangan Pernah Habis BBM

Kompas.com - 31/01/2020, 14:02 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyakit “masuk angin” pada mobil dengan mesin diesel memang cukup menjengkelkan. Pasalnya, udara yang masuk pada ruang bahan bakar membuat mesin sulit untuk dihidupkan.

Jika terlalu lama distarter, bukan tidak mungkin bisa membuat aki menjadi tekor. Untuk mengeluarkan udara yang sudah masuk pada ruang bahan bakar, jalan satu-satunya adalah dengan priming pump terlebih dahulu secara manual.

Gejala mesin diesel yang masuk angin ini paling sering disebabkan karena mobil kehabisan bahan bakar. Sehingga, udara yang ada pada tangki bahan bakar ikut terbawa dan masuk ke saluran bahan bakar.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, saat bahan bakar habis sehingga angin masuk melalui isapan pompa di tangki bbm.

Baca juga: Apakah Mobil Mesin Diesel Masih Perlu Dipanaskan?

“Saat diisi bahan bakar maka udara sudah terlanjur masuk ke saluran bahan bakar. Solusinya udara yang sudah masuk mesti dikeluarkan atau dibleeding,” ujar Suparna kepada Kompas.com, Jumat (31/1/2020).

Suparna menambahkan, untuk mencegah terjadinya masuk angin pada mobil diesel cara yang tepat adalah jangan sampai kehabisan bahan bakar.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Hal ini menurut dia, kalau sampai kehabisan bahan bakar maka angin akan ikut terbawa dan masuk ke ruang bahan bakar.

“Ya jangan sampai kehabisan bahan bakar. Cara pencegahan yang kedua lakukan perawatan berkala rutin di bengkel resmi untuk mengantisipasi adanya kebocoran sistem bahan bakar,” ucapnya.

Dalam pengisian bahan bakar, Suparna mengatakan, tidak perlu melakukan pengisian secara penuh. Yang terpenting adalah jangan sampai mobil mogok karena kehabisan bahan bakar.

Baca juga: Ini Efek Buruk jika Mobil Mesin Diesel Masuk Angin

“Kalau mengisi bahan bakar sampai full atau tidak full gak ada kaitannya dengan masuk angin. Yang menyebabkan masuk angin adalah kalau sampai kehabisan bahan bakar sehingga mogok,” tuturnya.

Apabila sudah kejadian mobil mogok karena kehabisan bahan bakar otomatis akan susah hidup karena sudah masuk angin.

Kia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar.indianautosblog.com Kia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar.

Selain karena kehabisan bahan bakar, Suparna mengatakan, penyebab lain terjadinya masuk angin pada mobil mesin diesel adalah adanya penggantian filter bahan bakar.

“Bisa juga karena pipa-pipa bahan bakar, sehingga udara sempat masuk ke sistem bahan bakar,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com