Kompas.com - 31/01/2020, 10:12 WIB
Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia. Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gejala mobil mesin diesel yang mengalami “masuk angin” bisa terdeteksi, terutama ketika pemilik mobil akan menyalakan mesin.

Adanya udara yang ikut terbawa ke dalam ruang bahan bakar membuat solar sulit untuk terbakar. Jika hal ini terjadi, otomatis mobil pun susah dinyalakan, meskipun sudah dicoba berulang kali.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, untuk membakar solar dibutuhkan pemampatan dengan tekanan tinggi. Akan tetapi, jika ada udara yang masuk dalam ruang bakar membuat solar menjadi sulit terbakar.

Kapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda-bedadrivespark.com Kapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda-beda

Masuk angin itu kan udara ikut masuk ke sistem bahan bakar, ini membuat solar sulit dipampatkan sehingga sulit terbakar. Jadinya mesin juga susah dihidupkan,” ujar Didi kepada Kompas.com, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Cara Nyalakan Mesin Motor Injeksi Usai Kehabisan Bensin

Untuk itu, Didi melanjutkan, udara yang ikut masuk dalam sistem bahan bakar itu harus dikeluarkan terlebih dahulu. Caranya yakni dengan memompa priming pump.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Priming pump ini merupakan salah satu komponen mesin diesel yang berfungsi untuk mengeluarkan udara palsu pada sistem bahan bakar.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Sehingga, bisa mencegah terjadinya masalah salah satunya adalah mesin yang susah hidup.

“Untuk mengeluarkannya harus dipompa (priming pump) sehingga solar menjadi bertekanan,” ucapnya.

Memompa udara palsu yang masuk ke sistem bahan bakar bisa dilakukan dengan cara manual, yakni menggunakan telapak tangan secara berulang kali.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Motor Injeksi Kehabisan Bensin Bisa Bikin Rusak?

“Jika pompa sudah terasa berat berarti solar sudah dipampatkan,” katanya.

Saat solar sudah dipampatkan, otomatis mesin sudah siap dinyalakan kembali. Untuk letak priming pump, Didi menyampaikan, biasanya berada di dekat mesin atau menjadi satu dengan filter solar.

Priming pump itu memang didesain agar bisa dipompa secara manual atau menggunakan tangan,” ujarnya.

Mesin diesel V6 3.0L TDI.Autoguide Mesin diesel V6 3.0L TDI.

Selain mesin yang sudah hidup, Didi mengatakan, tidak ada efek lain pada mesin diesel yang mengalami gejala masuk angin.

Seusai angin berhasil dikeluarkan maka kondisi mesin juga akan kembali normal seperti sebelumnya. “Tidak ada efek lainnya, hanya mesin susah dihidupkan,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X