Terjang Banjir, Mobil Manual Jangan Ditahan Setengah Kopling

Kompas.com - 23/02/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi berkendara di musim hujan -Ilustrasi berkendara di musim hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah ruas jalan di Jakarta terpantau masih digenangi banjir. Banyak pengendara yang terpaksa harus melewati genangan untuk mencapai tujuan.

Salah satu cara aman menerjang banjir adalah dengan menjaga putaran mesin tetap konstan dan rendah.

Namun sering terjadi pengendara menahan setengah kopling saat menerjang banjir, terutama bagi mobil bertransmisi manual.

Baca juga: Bahas Kelebihan Spion Pintar di SUV Murah Suzuki XL7

Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan Depok pada Sabtu (8/2/2020) pagi ini. Pada foto tampak titik banjir di Traffic Light Pintu Air Jl. Gunung Sahari.Twitter TMC Polda Metro Jaya Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan Depok pada Sabtu (8/2/2020) pagi ini. Pada foto tampak titik banjir di Traffic Light Pintu Air Jl. Gunung Sahari.

“Itu cara yang salah, biasanya pengemudi injak setengah kopling karena takut mesin mati di tengah genangan air,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kepada Kompas.com belum lama ini.

Sebab menahan kampas kopling akan berisiko slip atau bau hangus lantaran kampas kopling mengalami gesekan berlebih.

Menurut Sony, kejadian ini malah membuat fungsi kopling melemah dan menyebabkan laju mobil melambat atau tertahan di tengah-tengah banjir.

Baca juga: Seperti Ini Mitsubishi Xpander Facelift 2020 [VIDEO]

Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.Donny Apriliananda Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.

“Menahan setengah kopling juga cenderung membuat putaran mesin jadi lebih tinggi, hal ini membuat udara yang disedot air intake jadi lebih banyak,” katanya.

Secara tak langsung, potensi air yang masuk ruang mesin makin besar. Dan bahaya besar yang mengintai yaitu terjadi water hammer.

“Makanya atur di gigi rendah dan jaga putaran mesin, agar tak perlu sering injak kopling,” ucap Sony.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X