Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjang Banjir, Mobil Manual Jangan Ditahan Setengah Kopling

Kompas.com - 23/02/2020, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah ruas jalan di Jakarta terpantau masih digenangi banjir. Banyak pengendara yang terpaksa harus melewati genangan untuk mencapai tujuan.

Salah satu cara aman menerjang banjir adalah dengan menjaga putaran mesin tetap konstan dan rendah.

Namun sering terjadi pengendara menahan setengah kopling saat menerjang banjir, terutama bagi mobil bertransmisi manual.

Baca juga: Bahas Kelebihan Spion Pintar di SUV Murah Suzuki XL7

Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan Depok pada Sabtu (8/2/2020) pagi ini. Pada foto tampak titik banjir di Traffic Light Pintu Air Jl. Gunung Sahari.Twitter TMC Polda Metro Jaya Banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan Depok pada Sabtu (8/2/2020) pagi ini. Pada foto tampak titik banjir di Traffic Light Pintu Air Jl. Gunung Sahari.

“Itu cara yang salah, biasanya pengemudi injak setengah kopling karena takut mesin mati di tengah genangan air,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kepada Kompas.com belum lama ini.

Sebab menahan kampas kopling akan berisiko slip atau bau hangus lantaran kampas kopling mengalami gesekan berlebih.

Menurut Sony, kejadian ini malah membuat fungsi kopling melemah dan menyebabkan laju mobil melambat atau tertahan di tengah-tengah banjir.

Baca juga: Seperti Ini Mitsubishi Xpander Facelift 2020 [VIDEO]

Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.Donny Apriliananda Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.

“Menahan setengah kopling juga cenderung membuat putaran mesin jadi lebih tinggi, hal ini membuat udara yang disedot air intake jadi lebih banyak,” katanya.

Secara tak langsung, potensi air yang masuk ruang mesin makin besar. Dan bahaya besar yang mengintai yaitu terjadi water hammer.

“Makanya atur di gigi rendah dan jaga putaran mesin, agar tak perlu sering injak kopling,” ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com