Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral karena Terjang Banjir, Seperti Ini Kondisi Panther di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 22/02/2020, 13:03 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bermesin diesel, Isuzu Panther sempat ramai diperbincangkan setelah viralnya video menerjang banjir beberapa waktu lalu. Angkutan umum itu berhasil melewati genangan air cukup tinggi, dan mendapat tepuk tangan meriah dari warga sekitar yang menyaksikan.

Terkait hal tersebut, mobil bermesin diesel ini langsung menjadi buah bibir dikalangan pecinta otomotif, tidak sedikit masyarakat yang penasaran akan kondisi mesin mobil yang dijadikan sebagai kendaraan komersial itu.

Baca juga: Siap-siap Macet, Ada Pekerjaan di Tol Layang Jakarta Cikampek

Lalu apakah ada dampak pada harga mobil tersebut setelah viral video Isuzu Panter menerjang banjir?

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan, banyak masyarakat yang salah pemahaman, dipikirnya mobil Panther yang hebat.

"Selama yang digunakan untuk menerjang banjir adalah mobil diesel (merek apapun), manual, cara nyetirnya benar maka akan lebih mudah handlingnya, dan tidak akan ada masalah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/02/2020)

Isuzu Panther di pasar mobil bekas cukup banyak dicari.tribunnews.com Isuzu Panther di pasar mobil bekas cukup banyak dicari.

Herjanto juga menjelaskan, dengan viralnya video tersebut tidak membuat harga mobil lawas itu menjadi naik.

“Penjualannya stabil, tidak naik. Populasi Panther sendiri juga tidak terlalu banyak, yang lama sudah ke daerah semua (luar Jabodetabek), sedangkan yang baru unitnya hanya 1 atau 2, bahkan kadang tidak ada sama sekali,” ujarnya.

Baca juga: Isuzu Panther Berhenti Diproduksi?

Mobil diesel memang dikenal lebih kuat dan bandel dibanding dengan mobil bensin. Tetapi, hal ini tidak hanya berlaku pada mobil Isuzu Panther melainkan juga mobil diesel lainnya.

“Justru mobil Kijang diesel saat ini lebih banyak dicari, walaupun secara mesin sebelas dua belas, lebih bagus mobil Panther. Tetapi karena Panther saat ini populasinya cukup langka maka untuk mobil seken unitnya sangat sedikit,” kata Herjanto.

Ia pun menjelaskan, meski populasi mobil Panther sudah cukup langka, hal ini tidak akan menyebabkan harga jual mobil tersebut menjadi lebih mahal dan dicari orang.

“Tidak akan (naik dan dicari), mobil Panther bukan seperti kolektor item yang akan diburu. Panther itu mobil MVP biasa, jadi tidak akan berpengaruh banyak,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com