Jenis Sepatu yang Paling Pas buat Mengemudi

Kompas.com - 17/02/2020, 17:42 WIB
menyetir menggunakan sepatu Kompas.com/Fathan Radityasanimenyetir menggunakan sepatu

DEPOK, KOMPAS.comMenyetir mobil harus menggunakan alas kaki. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi cedera ketika kecelakaan dan mengurangi efek slip antara kaki dan pedal. Alas kaki yang disarankan untuk digunakan yatu sepatu.

Sepatu yang digunakan juga harus memerhatikan modelnya. Tidak semua sepatu nyaman untuk dipakai menyetir. Sepatu yang digunakan harus nyaman dan tidak mengganggu ketika menyetir.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, ketika menyetir harus menggunakan model sepatu yang lentur dan memiliki grip yang baik. Contohnya sepatu olahraga atau kets.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Bikin Baru dan Perpanjangan SIM

jangan mengemudi dengan hak tinggiKompas.com/Fathan Radityasani jangan mengemudi dengan hak tinggi

“Model sepatu kets disarankan untuk dipakai ketika menyetir. Modelnya yang lentur dan memiliki grip yang baik ketika menekan pedal. Sepatu pantofel juga bisa, namun kurang fleksibel,” kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (17/2/2020).

Untuk pengemudi wanita, sepatu dengan hak tinggi tidak disarankan untuk dipakai menyetir. Menggunakan hak tinggi membuat kaki pengemudi jadi tidak stabil ketika menyetir. Usahakan cari sepatu dengan model tumpuan tumitnya tebal.

“Jangan pakai hak tinggi karena ketika menyetir, tumit akan menahan bobot kaki ke lantai mobil. Sedangkan bagian tumit pada sepatu hak tinggi tidak begitu bagus untuk menopang kaki, jadi tidak stabil,” ucap Marcell.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X