Pembangunan Tol Dalam Kota Dikebut, Simak Pengalihan Arus Lalu-Lintas di Kelapa Gading

Kompas.com - 02/02/2020, 12:24 WIB
Antrean mobil yang keluar dari Tol Dalam Kota dari pintu tol Semanggi, Selasa (21/6/2016), menghalangi bus transjakarta memasuki jalur khususnya. Situasi serupa terjadi di sejumlah pintu masuk tol dan juga persimpangan jalan dengan lampu lalu lintas. KOMPAS.com/ALSADAD RUDIAntrean mobil yang keluar dari Tol Dalam Kota dari pintu tol Semanggi, Selasa (21/6/2016), menghalangi bus transjakarta memasuki jalur khususnya. Situasi serupa terjadi di sejumlah pintu masuk tol dan juga persimpangan jalan dengan lampu lalu lintas.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas di sejumlah ruas Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara akan direkayasa sehubungan dengan pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta tahap 1 seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, rekayasa itu berlaku mulai 1 Februari 2020 sampai 29 Februari 2020.

"Salah satu pembangunannya itu kolom di Jalan Boulevard Barat Raya sisi selatan dekat Jembatan Gading Marina. Guna menunjang pekerjaan, dilakukan pelebaran jembatan eksisting," katanya di keterangan tertulis, Minggu (2/2/2020).

Baca juga: Penindakan Tilang Elektronik Motor Dimulai Besok

kondisi terkini banjir kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/1/2020)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI kondisi terkini banjir kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/1/2020)

Menurut Syafrin, rekayasa lalin dilakukan sesuai dengan tahapan pembangunan. Pada tahap pertama, yang dilaksanakan selama Februari ini, pengendara tidak bisa melewati Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi timur.

Lalu lintas dari arah timur (Bundaran Lapiazza) yang akan menuju selatan (Jalan Perintis Kemerdekaan) dialihkan melalui Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi barat atau dua arah.

Setelah itu, pada 1 sampai 30 Maret mendatang Dishub akan melakukan hal sama di jembatan sisi barat. Pengendara bisa menggunakan sebagian ruas Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi barat. Sehingga lalu lintas dari arah selatan (Jalan Perintis Kemerdekaan).

Baca juga: Ingat, Hari Ini Tarif Tol Dalam Kota Naik

Lalu yang akan menuju barat (Sunter) terjadi pengurangan lebar jalan, untuk mengakomodir lalu lintas di Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi timur dengan dibuat dua arah.

Kemudian tahap ketiga pembangunan rencananya dilakukan pada 20 Maret - 20 April 2020, dengan pengerjaan pengecoran, aspal dan finishing jembatan. Tahap terakhir dilaksanakan pada 1 Mei 2020.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Syafrin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.