Ingat, Besok Tilang Elektronik di Jakarta Berlaku untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 31/01/2020, 18:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di wilayah DKI Jakarta akan diperluas. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan, kamera tersebut bisa menangkap pelanggar sepeda motor.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menjelaskan, sistem ETLE untuk sepeda motor itu mulai berlaku pada awal Februari 2020.

"Tapi pada pekan pertama, kita akan sosialisasikan dahulu. Setelah itu penindakan," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Apakah Mobil Mesin Diesel Masih Perlu Dipanaskan?

Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRI Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.

Menurut Fahri, sistem ETLE untuk pengendara motor diberlakukan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Adapun jenis pelanggaran yang dapat ditindak oleh kamera ETLE sama dengan pelanggaran pengendara mobil. Hanya saja ada tambahan kriteria yaitu untuk penggunaan helm.

"Kemudian nanti ada di jalur Transjakarta koridor 6 rute Ragunan-Monas, tepatnya di depan kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan," kata dia lagi.

"(Skema penindakannya) sama seperti ETLE (untuk pengendara mobil). Mekanisme tidak berubah, cuma masalah fitur tambahan saja yaitu penggunaan helm," ujar Fahri.

Baca juga: 22 Kamera ETLE Sudah Terpasang di Jalan Tol, Tangkap Truk ODOL

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf menambahkan, ada 45 kamera ETLE yang sudah siap untuk menindak pelanggaran motor.

"Rencananya dari mulai Kota Tua, Hayam Wuruk, Gajah Mada, Medan Merdeka Barat sampai Sudirman - Blok M, kemudian Grogol - Gatot Subroto - MT Haryono sampai Bandara Halim, Rasuna Said - Kuningan, DI Panjaitan sampai simpang Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih," katanya.

Berikut bentuk pelanggaran yang akan kena tilang elektronik;

1. Pelanggaran rambu,

2. Pelanggaran marka jalan, dan

3. Pelanggaran penggunaan helm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.