22 Kamera ETLE Sudah Terpasang di Jalan Tol, Tangkap Truk ODOL

Kompas.com - 21/11/2019, 07:12 WIB
Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek Jasa MargaJasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menekan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh kendaraan atau truk berat Over Dimension Over Loading ( ODOL), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, segera menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE) di jalan Tol.

Langkah ini selaras sebagai upaya mendukung percepatan "Zero ODOL" yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), semula ditargetkan tuntas pada 2021 menjadi 2020.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur, menjelaskan bila saat ini pihaknya sudah memasang 22 smart camera yang tersebar di area Jalan Tol Jabodetabek dan Tol Trans Jawa.

"22 smart camera ini akan menangkap data yang terintegrasi dengan sistem penegakan hukum yang dikelola oleh kepolisian," kata Subakti dalam keterang resminya, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Upaya Jasa Marga dan Isuzu Kurangi Kerugian Akibat Kecelakaan Kendaraan Berat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau ujicoba bersama dengan PT Jasa Marga, Ditjen Hubdat dan Kepolisian di jembatan timbang Weigh-In-Motion (WIM) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 9 pada Minggu (22/9/2019)DOKUMENTASI KEMENHUB Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau ujicoba bersama dengan PT Jasa Marga, Ditjen Hubdat dan Kepolisian di jembatan timbang Weigh-In-Motion (WIM) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 9 pada Minggu (22/9/2019)

Menurut Subakti, dukungan Jasa Marga terhadap ETLE karena sesuai dengan fokusnya, yakni pengguna jalan berkeselamatan yang dapat memenuhi tata tertib berlalu lintas, terutama di jalan tol.

Sementara itu, Anggota Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Angita Widjajanto, mengungkapkan untuk terwujudnya konsep penegakan hukum yang totalitas dalam penyelesaian ODOL di jalan tol perlu kolaborasi yang baik antar seluruh pihak.

Baca juga: Wajib Diuji Berat dan Dimensi, Populasi Truk ODOL Berkurang Signifikan

Kolaborasi yang dimaksud menyangkut instansi-instansi terkait, seperti BPJT, Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kemenhub, Polantas, sampai Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

"Untuk penerapan ETLE di jalan tol ke depannya, para pihak akan mengintegrasikan smart camera yang ada di tol untuk dapat ditempatkan di beberapa titik yang berfungsi menangkap data pelat nomor kendaraan, kecepatan kendaraan, hingga beban kendaraan yang melanggar ketertiban lalu lintas," ujar Agita.

Truk bermuatan pelat besi seberat 60 ton terguling di KM 14 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (22/10/2019).Dok. Jasa Marga Truk bermuatan pelat besi seberat 60 ton terguling di KM 14 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (22/10/2019).

Implementasai ETLE di jalan tol sebelumnya sudah pernah disinggung, bahkan wacananya dulu akan resmi diterapkan pada Oktober 2019 lalu.

Kabar terakhir yang Kompas.com dapatkan dari Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, saat ini sudah ada empat kamera ETLE yang saat ini sedang diuji coba.

Baca juga: 8 Konsekuensi Fatal Truk ODOL yang Kerap Disepelekan

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

"Memang belum dilakukan, tapi saat ini sudah ada yang mulai kami uji coba. Ada empat titik ETLE di ruas tol yang sedang kita lakukan tahapan tadi," kata Fahri beberapa waktu lalu.

Lokasinya sendiri berada di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Tol Sedyatmo, Tol Tanjung Duren, dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X