Rahasia Perbaiki Bodi Mobil Penyok Tanpa Cat Ulang

Kompas.com - 28/01/2020, 12:01 WIB
Bengkel Bodi dan Cat Auto2000 Singosari, Malang Bengkel Bodi dan Cat Auto2000 Singosari, Malang

BOGOR, KOMPAS.comPaint-less Dent Removal (PDR) merupakan perbaikan bodi kendaraan yang tidak membutuhkan pengecetan ulang. Tidak seperti ketok magic yang harus didempul dan melakukan cat ulang.

Agung Widiatmoko, pemilik dari bengkel PDR Auto Motion di Bogor mengatakan kalau PDR merupakan solusi pengerjaan penyok yang masih mudah dan cat pada bodinya tidak rusak.

Akan tetapi, jika kerusakan terlalu parah, Agung juga menyarankan untuk melakukan perbaikan bodi di bengkel ketok magic.

“Keuntungan dari PDR yaitu perbaikan penyok mobil tanpa pengecetan ulang. Selain itu melakukan PDR bisa menghemat waktu dibanding pengerjaan di ketok magic yang bisa 2-3 hari, belum kalau antri bengkelnya,” ucap Agung kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Cara Merawat Bodi Setelah Wax

proses pdrKompas.com/Fathan Radityasani proses pdr

Ada dua cara untuk melakukan PDR yaitu dengan di vacuum atau ditarik dan dipijat menggunakan alat PDR itu sendiri.

Divakum menggunakan alat yang ditempel ke penyok, lalu ditarik. Metode satu lagi yaitu dengan memasukkan kawat khusus melalui lubang-lubang di panel dan memijat penyok dari dalam bodi.

“Setelah ditarik atau pijit dari dalam bodi, belum selesai sampai situ. Masih perlu diketok untuk meratakan hasil dari tarikkan atau pijitan alat PDR. Setelah itu dilakukan detailing agar bodinya semakin rapi,” kata Agung.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X