Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Posisi Berkendara Skuter Listrik Gesits yang Ergonomis

Kompas.com - 28/01/2020, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter listrik karya anak bangsa, Gesits, sempat menarik perhatian, karena dicoba juga oleh Presiden RI Joko Widodo. Tampilannya yang seperti skuter matik (skutik) pada umumnya memang membuat penasaran bagaimana saat berada di atasnya.

Secara dimensi, tak jauh berbeda dengan skutik biasa. Posisi berkendara yang ditawarkan saat penguji dari tim Kompas.com berada di atasnya memang sama seperti mengendarai skutik biasa.

Baca juga: Mengulik Desain Skuter Listrik Gesits, Mirip Skutik Jepang

Gesits sendiri memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi, 1.947 mm x 674 mm x 1.135 mm. Sedangkan panjang sumbu roda, mencapai 1.290 mm.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Posisi badan dan posisi tangan tak jauh berbeda seperti mengendarai skutik yang memiliki dimensi serupa. Bagian saklar dan tombol yang ada di setang juga masih bisa dijangkau dengan baik.

Salah satu bagian yang membuat Gesits berbeda dengan skuter listrik lainnya adalah pada bannya. Gesits menggunakan ban ring 14, sementara skuter listrik lainnya kebanyakan menggunakan ring 10.

Bagian ini yang membuat posisi berkendara saat keadaan berhenti seperti layaknya mengandarai skutik biasa.

Baca juga: Akhirnya, Skuter Listrik Gesits Mulai Dikirim ke Konsumen

Untuk bagian joknya, Gesits dibekali dengan jok yang cukup lebar dan cukup empuk. Selain itu, bagian dek tengah atau ruang kaki juga cukup luas. Meski ada tas di dek tengah, tidak membuat kaki kekurangan ruang.

Gesits diklaim mampu berakselerasi dari 0-50 kilometer per jam hanya dalam waktu 5 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, mampu mencapai angka 70 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com